INI LIMA PESAN KETUA KWARNAS KEPADA KONTINGEN GERAKAN PRAMUKA INDONESIA DI JAMBORE MALAYSIA

MALAYSIA ! Pembukaan 13th Malaysian Scout Jamboree, di Batu Metropolitan Park, Kuala Lumpur, Malaysia, akan dilangsungkan pada Minggu sore besok, 27 November 2016. Jambore akan berlangsung hingga 01 Desember 2016. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menyampaikan lima pesan kepada Kontingen Gerakan Pramuka (Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Pembina Pendamping serta 1500Peserta) yang mengikuti Jambore ini.

 

“Lima pesan ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh segenap Kontingen, demi harumnya nama Indonesia di  Jambore Malaysia ini, ingat kita semua adalah duta bangsa”, jelas Kak Adhyaksa Dault di kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Gambir, Jakarta pada Sabtu (26/11/2016).

 

Dalam Jambore di Malaysia ini, kontingen Gerakan Pramuka dipimpin oleh Kak Mardhani Zuhri dan CMT; Kak Kurnia Bakti, Kak Fahri Makkasau, Kak Hariqo Wibawa Satria, Kak dr. Evy, Kak Suhardi, Kak Venny Indri. Berikut lima pesan Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault.

 

Pertama, anak-anak Pramuka Indonesia tidak boleh minder bertemu dengan siapapun, kita bangsa besar dengan sejarah yang gemilang. Hormati dengan sungguh-sungguh siapapun yang ditemui dengan ucapan dan tindakan yang baik dan benar. “Anak Pramuka harus percaya diri, dan wajib hormat pada siapapun, utamanya kepada Orangtua, Guru, Pembina, teman-teman dan orang-orang yang lebih tua ”

 

Kedua, jangan pernah berhenti memperdalam wawasan keindonesiaan, jangan sampai anak Pramuka geleng-geleng kepala, alias tidak tahu ketika ditanya tentang Indonesia, seperti jumlah penduduk, budaya, sejarah, dll.  “Ingat kita semua adalah duta bangsa Indonesia”

 

Ketiga, bangun jaringan, ikut perkemahan di luar negeri itu salah satu manfaatnya untuk membangun jaringan. Jangan hanya berteman dengan teman satu tenda atau satu daerah. Cari teman sebanyak-banyaknya  dari daerah dan negara lain. 20 tahun kemudian bisa jadi kenalan adik-adik itu akan bertemu kembali di forum-forum internasional. “Pulanglah dengan membawa data jaringan”.

 

Keempat, Jalankan ibadah sesuai dengan Agama masing-masing, jangan pernah meninggalkan ibadah, ingat Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka. Ikuti semua peraturan di Bumi perkemahan, ikuti arahan dari Kakak Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Bindamping. Kakak Pimpinan kontingen bertanggung jawab kepada saya. Saya ingin semua peserta berangkat dengan selamat, dan pulang dengan selamat dan gembira.

 

Kelima, sampaikan hal-hal yang keren, gembira, asyik tentang kegiatan ini di media sosial. Tagar kita #PramukaDiJamboreMalaysia. Bisa dengan foto, tulisan, video, poster, dll. Ingat setiap Pramuka adalah kantor berita. Setiap peserta wajib menuliskan pengalamannya ikut Pramuka dan ikut Jambore ini di media sosial, pilihlah foto yang pantas dan bagus. Dengan itu, kita ikut menjadikan internet dan media sosial dipenuhi hal-hal positif. Saya mohon kepada Kakak-Kakak Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Bindamping untuk memperhatikan ini./KKP/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *