Indonesia-Malaysia Rancang Operasi Darat

KOTA KINABALU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Dalam rangka untuk mengevaluasi dan merancang kegiatan operasi bersama antara TNI AD dan TDM (Tentera Darat Diraja Malaysia) yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia di daerah Kalimantan, telah dilaksanakan Rapat Tim Perancang Operasi Darat Malaysia-Indonesia (TPOD Malindo) Ke-34 di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, beberapa waktu lalu.

Dalam rapat TPOD Malindo kali ini, selain mengevaluasi kegiatan selama satu tahun yang telah berlangsung, juga membahas tentang rencana penempatan pejabat ILO maupun MMLO di wilayah Sintang, Kalbar serta Sibu, Serawak. Serta rencana penambahan Pos Gabma oleh pihak TDM terutama di wilayah Sabah dan yang berbatasan dengan Kalimantan Utara. dikatakan  Mayor Kav Jemmy Sitorustua Sitorus, Perwira Kodam XII/Tpr selaku Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu, Minggu (18/08/2016).

Rapat berlangsung selama tiga hari mulai 7 hingga 9 September 2016, di Hotel Promenade, Sabah. Masing-masing delegasi mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti rapat tersebut. Untuk delegasi Indonesia menghadirkan 10 orang yang dipimpin oleh Wakil Asisten Operasi Kasad Brigjen TNI Eko Margiyono, Sedangkan dari pihak Malaysia dipimpin oleh Kol Operasi MK Pemerintahan Medan Timur Kolonel Marzuki bin Hj Mokhtar,.

“Hal ini dianggap perlu dikarenakan semakin bertambahnya pintu-pintu keluar masuk perbatasan yang perlu dikawal oleh kedua belah pihak sehingga diperlukan pejabat perwakilan sebagai jembatan komunikasi untuk saling berkoordinasi dalam menjalankan tugas pengamanan perbatasan di Kalimantan”, paparnya

Dalam kesempatan ini juga disepakati oleh kedua belah pihak untuk semakin meningkatkan kerjasama dan koordinasi bidang intelijen dengan melibatkan pihak-pihak terkait terutama berkenaan masalah keamanan di wilayah yang berbatasan dengan Filipina Selatan. Sehingga setiap informasi yang diberikan dapat mencegah terjadinya kembali kasus penculikan oleh kelompok bersenjata yang berada di wilayah tersebut.

Selain itu, disepakati bersama untuk terus melakukan pertukaran operator komunikasi dari kedua belah pihak untuk pembelajaran Protap Malindo yang ada agar pertukaran informasi dapat berjalan dengan lancar menggunakan sarana komunikasi yang telah digelar oleh masing-masing pihak.

Juga disepakati pula, untuk pelaksanaan TPOD Malindo Ke-35 berikutnya akan dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, dimana Indonesia bertindak selaku tuan rumah, pungkas, Mayor Kav Jemmy Sitorustua Sitorus, Perwira Kodam XII/Tpr selaku Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu./ Dd/Lk.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *