Hari Pertama Operasi Bhakti Sosial TNI AL, Sisir 801 Warga Pulau Maya

 

Tim Satgas SBJ XLV TNI AL Saat Melakukan Pemeriksaan Pada Warga Pulau Maya. / foto : doc Dispen Lantamal Pontianak
Tim Satgas SBJ XLV TNI AL Saat Melakukan Pemeriksaan Pada Warga Pulau Maya. / foto : doc Dispen Lantamal Pontianak

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Komandan Satuan Tugas (Dansatgas)  Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) XLV TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito didampingi Kadispotmar Lantamal XII pontianak Letkol Laut (KH) Drs. Mulyono melakukan peninjauan langsung bakti sosial dan kesehatan di Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Sejatinya gelar operasi bhakti sosial TNI AL SBJ XLV merupakan wujud kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu guna membantu program pembangunan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan serta kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil.

“Pelaksanaan kegiatan Satgas SBJ XLV dilaksanakan selama 2 hari, dimulai sejak tanggal 04 Oktober sampai dengan 05 Oktober 2016, kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas operasi bakti sosial dan kesehatan SBJ XLVI mencakup pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Desa Tanjung Satai, Desa Satai Lestari dan Desa Kamboja, Kecamatan Pulau Maya di Puskesmas Tanjung Satai, ” terang Robertus disela-sela peninjauan, Selasa (4/10/16).

Dikatakan Robertus, banyaknya jumlah masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan pada hari pertama, mencapai angka 801 orang, terdiri dari pelayanan kesehatan umum sebanyak 272 pasien, poli gigi 34 pasien, poli mata 328 pasien, kesehatan ibu dan anak (kebidanan) 31 pasien, THT 31 pasien, penyakit dalam 20 pasien, penyakit kulit 16 pasien, dan khitanan 38 orang. Sedangkan sebanyak 13 pasien yang memerlukan penanganan operasi dilaksanakan di KRI Makassar-590 yang telah dipersiapkan di Pulau Maya.

“Jadi selain memberikan pelayanan kesehatan, Satgas SBJ XLV juga memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak seperti Masjid, puskesmas serta jalan. Sedangkan kegiatan non fisik yang dilaksanakan Satgas SBJ diantaranya memberikan penyuluhan tentang kesehatan, narkoba, hukum, bela negara, kemaritiman serta kita juga memberikan kebutuhan sehari-hari, ” paparnya.*/ (abe.Pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *