Harga Sembako Stabil Jelang Ramadhan

MEMPAWAH-POSTKOTAPONTIANAK.COM ! Mengantisipasi lonjakan harga sembako menjelang ramadhan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertambangan (Disperindagkoptamben) Mempawah meningkatkan pengawasan. Dari pantauannya, harga sembako masih stabil.

Ilustrasi./Ist
Ilustrasi./Ist

“Hingga saat ini, harga sembako di Kabupaten Mempawah masih normal. Belum ada lonjakan harga atau kenaikan yang signifikan. Semuanya relatif stabil,” terang Kasi Pengawasan Perlindungan Konsumen, Disperindagkoptamben Mempawah, Hendri Kurniawasan, kemarin.

Hendri merinci, harga daging sapi berada di angka Rp 120 ribu perkilogram. Sedangkan daging ayam potong mengalami penurunan Rp 28 ribu perkilogram. Penurunan diperkirakan akibat melimpahnya pasokan ayam dari luar daerah yang masuk ke Mempawah.

“Untuk harga minyak goreng Rp 15-16 ribu per liter, telur ayam broiler dijual Rp 23 perkilo, cabe merah Rp 70 ribu perkilo, cabe rawit Rp 50 perkilo, kacang kedelai import Rp 12 ribu perkilo dan bahan-bahan pokok lainnya yang cenderung tetap stabil pada harga normal,” paparnya.

Hendri memperkirakan, kenaikan harga jual barang baru akan terjadi menjelang bulan ramadhan. Sebab, pada minggu terakhir memasuki ramadhan harga sembako merangkak naik. Kenaikan cenderung dipicu meningkatnya daya beli konsumen untuk menghadapi bulan puasa.

“Bicara stok barang, tidak ada persoalan. Stok sembako berada di level aman untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat menjelang ramadhan mendatang. Karenanya, kami akan terus melakukan pengawasan secara kontinyu di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Mempawah,” tukasnya.(leo/din-pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *