Gunung Gadung Batu Ampar Dibabat,Tak Semua Masyarakat Rasakan Manfaat

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kubu Raya) – Salah satu masyarakat Desa Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya Junaidi mengatakan bahwa Gunung Gadung yang menjadi kawasan hutan lindung ditempatnya kini telah dibabat oleh salah satu CV.

Dalam pembabatan tersebut, hanya orang-orang tertentu yang merasakan hasil dari pembabatan yang dilakukan oleh CV Sukses Abadi (SA).

“Tidak semua masyarakat yang merasakan manfaat, melainkan orang-berkepentingan saja yang kini sudah dipekerjakan oleh CV SA. Sedangkan secara keseluruhan, tidak semua bisa merasakan manfaatnya,” ujar dia pada Sabtu (6/5) sore.

Dari informasi yang berhasil didapatkannya, Gunung Gadung di Desa Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya, merupakan salah satu kawasan Hutan Lindung dan harus dijaga kelestariannya.

“Memang tidak semua masyarakat mengetahuinya, dikarenakan tempat pembabatan yang sangat strategis, dan jauh dari rumah warga,” ucap dia.

Dirinya menilai sampai saat ini, berkisar 10 persen yang keseluruhan Gunung Gabung sudah dibabat oleh CV SA dan pembabatan tersebut tanpa melalui Musyawarah Desa.

“Pihak CV SA hanya melakukan sosialisasi kepada orang-orang yang berkepentingan didalamnya, kemudian diberikan pekerjaan dan digaji oleh CV SA. Sedangkan masyarakat secara keseluruhan, tidak mendapatkan apa-apa,” terang dia.

Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten bersama dengan instansi – instansi terkait dapat meninjau lokasi untuk melihat langsung apa yang telah terjadi dilapangan.

“Saya sebagai masyarakat Desa Batu Ampar, hanya ingin meluruskan. Apakah Gunung boleh dibabat oleh CV, dan apakah dalam proses pembabatan gunung tersebut, ada izin yang di keluarkan. Selain itu mengapa hanya sebagian masyarakat yang mendapatkan manfaatnya, tapi tidak secara keseluruhan,” pungkasnya.

(Viky)

Foto Hutan Yang Telah Dibabat CV SA/ Viky / POSTKOTAPONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *