Guna Menekan Tindak Kejahatan Berkala

Polresta Depok Imbau Warga Cegah Tindak Kejahatan Jelang Lebaran

DEPOK – Kapolresta Depok Komisaris Besar Polisi Herry Heriawan didampingi Kepala Sub Bagian Humas nya Ajun Komisaris Polisi Firdaus mengungkapkan, guna menekan tingkat kerawanan tindak kejahatan dan pencurian yang dikhawatirkan meningkat menjelang lebaran atau idul fitri di wilayah Kota Depok terlebih mengatas namakan petugas dalam menjalankan aksinya diharapkan masyarakat lebih waspada serta berhati-hati.

“Maka dari itu, kami meminta kepada masyarakat khususnya Kota Depok untuk mewaspadai aksi tindak kejahatan baik perampokan maupun pencurian rumah kosong terlebih para pelaku mengaku-aku sebagai petugas dalam melaksanakan aksinya,” ungkapnya, Kamis (15/6), di Mapolres Depok.

Herry menjelaskan, bahwa keluhan dan informasi berkaitan dengan aksi kejahatan pencurian dan lainnya dalam kondisi sekarang ini cukup banyak terjadi, sehingga perlu diwaspadai dan diantisipasi dengan bebagai cara. Seperti jangan langsung membuka pintu gerbang dengan mudah kepada orang asing atau yang tidak dikenalnya.

“Namun jika orang tersebut mengaku sebagai petugas hendaknya ditanyakan surat tugas atau tanda pengenal terhadap tamu yang ingin masuk ke rumah maupun bertamu meskipun orang itu mengaku petugas. Jadi apabila merasa mencurigakan langsung hubungi secepatnya kantor polisi terdekat bahkan sekarang dapat dengan mudah menekan Panic Button pada aplikasi Halo Polisi Polres Depok,” imbuhnya.

Herry juga berharap untuk warga Kota Depok yang akan pulang kampung saat mudik lebaran mendatang hendaknya memberitahu tetangga kanan dan kiri. Jangan biarkan rumah kosong tanpa diketahui tetangga kanan dan kiri atau petugas keamanan setempat karena sangat rawan tindak kejahatan,

“Artinya, bila perlu sebelum berpergian jauh hendaknya juga lapor ke pengurus RT setempat serta mematikan listrik yang tidak perlu antisipasi kebakaran saat ditinggal pergi jauh atau mudik lebaran,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, juga meminta kepada masyarakat Kota Depok untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi sejak awal berkaitan aksi kejahatan menjelang atau mendekati lebaran yang dilakukan pelaku kejahatan dengan berbagai modus operasi.

“Jadi, jangan terlalu percaya dengan tamu yang tak dikenal dan jangan main buka pintu saja jika ada orang yang mengetuk atau ingin bertamu ke rumah. Tapi tanya dulu keperluannya serta identitasnya yang jelas,” imbuh orang nomor dua di Kota Depok itu. (Faldi)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *