Gubernur Jawa Barat Lantik Walikota dan Wakil Walikota Depok

Gubernur Jawa Barat melantik enam Kepala Daerah (Ist)
Gubernur Jawa Barat melantik enam Kepala Daerah (Ist)

BANDUNG – POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, resmi melantik Walikota dan Wakil Walikota, Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriatna sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok Periode 2016-2021. Selain juga bersamaan dengan lima Bupati dan Wakil Bupati di Jawa Barat, Rabu (17/02/16), di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Bandung, Jawa Barat.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pemberhentian penjabat bupati/walikota sementara, dilanjutkan dengan pengangkatan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota terpilih. Dalam acara pelantikan itu juga disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi, unsur Muspida Pemprov Jabar, Dirjen Otda Kemendagri, KPU Jabar, Bawaslu Jabar dan Sekretaris Daerah serta pimpinan OPD Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menerangkan, bahwa pelantikan keenam pasangan kepala daerah tersebut merupakan hasil pilkada serentak tahun 2015 lalu.

“Selamat kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah dilantik. Selamat mengemban amanah dan menjalankan tugas. Tempatkan diri sesuai dengan fungsinya sehingga dwitunggal kepemimpinan bisa berjalan sebagaimana mestinya,” terangnya.

Menurutnya, bahwa pelantikan ini merupakan gelombang pertama kelanjutan dari pelantikan gubernur dan wakil gubernur di istana negara, yang seluruh tahapan pilkadanya sudah rampung dan mas bakti kepemimpinan sebelumnya telah habis.

“Daerah yang sudah selesai proses pilkada dan sudah habis masa kepemimpinan sebelumnya, hari ini resmi dilantik,” ujar Aher sapaan akrabnya.

Aher menambahkan, bahwa ada beberapa daerah yang dilantik bersamaan dengan Depok. Diantaranya Pangandaran, Sukabumi, Indramayu, Karawang dan Bandung. Ada lima kabupaten dan 1 kota, yang dilantik serentak kali ini.

“Selain itu Kabupaten Tasikmalaya dan Conjure belum berakhir masa jabatan, jadi belum bisa dilantik. Akan dilaksanakan pada gelombang selanjutnya sesuai dengan arahan Kemendagri,” ujarnya.

Aher juga mengucapkan selamat kepada yang dilantik, dan selamat mengemban tugas yang baru. Aher juga meminta para pemimpin yang baru dilantik untuk langsung bekerja, untuk melaksanakan janji-janji kampanye di daerahnya masing-masing. Pemimpin juga harus bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melanjutkan pembangunan.

“Bahwa ini terlihat di Jawa Barat, pilkada paling aman dan demokratis. Terima kasih kepada semua warga yang mendukung pelaksanaannya,” ucapnya.

Aher mengingatkan, agar meningkatkan pula koordinasi, langkah-langkah konkret dalam pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial di daerah. Aher juga mengatakan, butuh sinergisitas dengan provinsi terkait pelaksanaan PON di 15 kabupaten/kota. Kemajuan teknologi dan budaya secara terpadu agar dapat sukses secara ekonomi kerakyatan, dan sukses prestasi Jabar jadi juara umum.

“Maka dari itu jadilah pemimpin yang dekat dengan rakyat agar dapat mendengarkan keluhan rakyat,”imbuh orang nomor satu di Jawa Barat itu.

Sementara ditempat terpisah, sebagai Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad memanjatkan rasa syukur atas pelantikan yang berjalan lancar dan sesuai dengan harapan Gubernur Jawa Barat.

“Kami siap bekerja dan segera melaksanakan program-program yang dicanangkan saat kampanye lalu, artinya hal pertama yang akan dilakukan adalah melaksanakan penyesuaian antara janji kampanye dengan DIPA yang sudah disahkan APBD-nya tahun 2016,” ucap orang nomor satu di Kota Depok itu.

Sedangkan, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna merasa senang karena pelantikan berjalan lancar.Maka dari itu hal yang pertama akan dilakukan adalah menyesuaikan diri karena dirinya sudah siap bekerja dengan konkrit.

“Karena kita harus bekerja dengan senang hati. Bahkan untuk pembagian tugas, akan berjalan normatif. Sebab ini akan menjadi awal yang baik untuk bekerja,” ujar orang nomor dua di Kota Depok itu./Faldi/Sudrajat

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *