Google Bisa Pindahkan Kepribadian Manusia ke Robot

Ilustrasi robot dan manusia (REUTERS/Rick Wilking )
Ilustrasi robot dan manusia (REUTERS/Rick Wilking )

JAKARTA – Sebuah paten kembali didaftarkan oleh Google. Dalam paten tersebut, Google dikatakan memiliki sistem yang bisa memindahkan jiwa manusia ke dalam robot. Robot tersebut bisa memiliki kepribadian mirip almarhum.

Perusahaan iklan digital terbesar di dunia itu memiliki sistem yang memungkinkan robot men-download kepribadian seseorang secara online. Di kemudian hari, saat seseorang itu sudah meninggal, robot bisa berlaku layaknya almarhum, baik selebriti maupun anggota keluarga yang dicintai.

Dalam paten tersebut, secara rinci, Google menjelaskan jika sistem itu berbasis cloud. Proses pengunduhan kepribadian akan sama seperti layaknya mengunduh aplikasi.

“Kepribadian robot ini juga bisa dimodifikasi berdasarkan sifat dan perasaan dari orang yang ingin ditiru. Satu robot bisa digunakan berganti-ganti personaliti,” dijelaskan dalam paten tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat 3 April 2015.

Ini merupakan paten ke sekian yang dimiliki Google. Untuk rekayasa kepintaran, Google memang paling jago. Divisi khusus Google X merupakan laboratorium Google yang didedikasikan untuk penciptaan robot dan artificial intelligence.

Menurut Google, sebuah robot bisa diprogram sedemikian rupa sesuai dengan keinginan penggunanya atau keinginan robot itu sendiri. Mirip dengan gadget yang memiliki sistem operasi yang bisa diganti-ganti./(vv)/radar-indo

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *