GMI Lamtim Desak Pihak Kejari Untuk Segera Menindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi

[ Basuki,SH Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sukadana Lampung Timur saat dikonfirmasi “Postkotapontianak.com”./ Burhannudin ]

 

LAMPUNG TIMUR, POSTKOTAPONTIANAK.COM – Menindaklanjuti surat laporan beberapa LSM di Kabupaten Lampung Timur yang ditujukan kepada Kejaksaan Negeri Lampung Timur perihal dugaan korupsi yang dilakuakan oleh beberapa badan public di Lampung Timur yang terkesan lamban bahkan tidak ditangani oleh pihak Kejari Lamtim.

Pasalnya beberapa LSM yang tergabung dalam gerakan masyarakat independen kabupaten Lampung Timur (GMI Lam.Tim) melayangkan surat dengan no surat : 139/GMI/LT/07/2017, perihal : klarifikasi kepada Kejaksaan Negeri Lampung Timur.

Adapun sejumlah LSM yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Independen Lampung Timur( GMI Lam-Tim) terdiri dari LSM GAPTA Lam.Tim, GENTA Lam.Tim, LPSN-PB Lam.Tim, dan LSM Patriot Indonesia. Dimana dalam surat klarifikasinya menyatakan kekecewaan serta mendesak kepada pihak Kejaksaan Negeri Sukadana Lampung Timur untuk dapat menjelaskan atau menginformasikan kepada mereka (GMI Lam.tim) selaku pelapor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa mereka (GMI Lam.tim) berhak untuk mengetahui perkembangan hasil proses penyelidikan yang dilakukan oleh Kejari atas laporan-laporan yang telah mereka laporkan.

Pihak GMI LAMTIM, mensenyalir laporan tersebut dalam prosesnya terkesan lamban atau memang tidak ditanganinya oleh pihak Kejaksaan Negeri Lampung Timur tentang dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh badan atau pejabat public di Kabupaten Lampung Timur.

Bahkan GMI LAMTIM menduga ada beberapa hal yang mendasarinya yaitu, 1. Kejari Sukadana Lampung Timur tidak profesional dalam menangani kasus tindak pidana korupsi, 2. Kurangnya SDM pada kejaksaan negeri Sukadana dalam menangani kasus tindak pidana korupsi, 3. Kejaksaan sukadana lampung timur tidak menangani kasus tindak pidana korupsi atau, 4. Kejaksaan negeri sukadana mendapat tekanan dari pihak lain, dan atau, 5. Kejaksaan negeri sukadana lampung timur memang Melindungi Para Koruptor di Lampung Timur.

Saat dikomfirmasi ” Postkotapontianak.com” perihal hal tersebut Basuki, SH, sebagai Kasi Intel Kejari Lampung Timur mengatakan, terkait dengan laporan-laporan beberapa LSM yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Independen Lampung Timur, 2014, 2015, 2016 itu mungkin banyak yang belum saya ketahui, karena saya sendiri baru menjabat sebagai Kasi Intel Kejari Lamtim di akhir 2016 sampai di tahun 2017 saat ini.

Khususnya laporan tentang dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh 2 Kepala Desa yaitu desa Muara Jaya Kecamatan Sukadana dan desa Taman Bugo Kecamatan Purbolinggo, seperti yang saya katakan beberapa waktu yang lalu itu sedang dalam proses menunggu surat rekomendasi dari Inspektorat Lampung Timur berdasarkan hasil audit mereka, dan saya berjanji apabila surat rekomendasi hasil audit tersebut tidak segera mereka sampaikan kepada kami, kami akan pertanyakan langsung ke Inspektorat Lampung Timur agar dapat segera ditindaklanjuti, ujar Basuki menutup pembicaraan./*

(Burhannudin)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *