Giliran Intel Kodam Lakukan Tes Urine

Reporter : Devi Lahendra

BNN Kalbar Lakukan Tes Urine Seluruh Anggota Intel Kodam./ foto : doc Pendam
BNN Kalbar Lakukan Tes Urine Seluruh Anggota Intel Kodam./ foto : doc Pendam

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! KUBU RAYA – Tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kodam XII/Tanjungpura  melakukan tes urine terhadap 92 prajurit Satuan Detasemen Intel (Denintel) Kodam XII/Tanjungpura serta Intel Kodim 1207/BS, yang dilaksanakan di Makodam XII/Tanjungpura.  

Dalam penjelasannya Kepala Bagian Pencegahan Daya Masyarakat (Kabag Cemas) BNN Kalbar Isnawati, S.Sos. M.Si mengatakan kegiatan tes urine yang dilakukan secara mendadak oleh pihak Kodam XII/Tanjungpura patut di contoh bagi instansi pemerintah lainnya, guna mencegah penyalah gunaan narkoba bagi abdi negara.

“Tanpa dipungkiri tes urine sudah masuk ke seluruh elemen masyarakat, oleh karena itu sekarang di Makodam XII/Tanjungpura kita lakukan tes urine dan itupun secara mendadak. Hal seperti ini patut kita apresiasi, dan kita juga ingin membuktikan kepada masyarakat luas bahwa TNI juga sebagai aparatnya ingin tetap bersih dari barang haram, “ papar Isnawati, Senin (14/09/2015).

Menurut Isnawati dengan adanya tes urine yang dilaksanakan di Makodam, bahwasanya jelas Pangdam ingin menjaga anggotanya agar tetap bersih dari Narkoba dan bukan sebagai anggota yang pemakai narkoba.

“Sementara untuk hasil tes nantinya akan disampaikan langsung kepada Asintel Kasdam XII/Tanjungpura, saya tidak akan ikut campur dalam memutuskan hasil dari  tes urine tersebut, ” terangnya.

Namun, apabila ada yang di duga positif menggunakan narkoba, lanjut Isnawati mengatakan akan dilakukan tes urine ulang dan hasil yang ke dua juga akan diserahkan kepada Asintel Kodam XII/Tanjungpura yang punya wewenang terhadap anggota.

Ditempat yang sama, Asisten Intelijen Kasdam XII/Tanjungpura  Kolonel CZI Ahmad Rizal R, S.Sos. SH yang disampaikan oleh Pabandyasinteldam XII/Tanjungpura Mayor Kav Jami`an. S.Sos mengatakan aparatur negara termasuk  TNI harus bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Jadi setiap pelaksanaan tugas bagi aparat intel diwajibkan untuk melakukan lapor cepat, terkait dengan tugas apapun dan dimanapun bertugas dan hindari pelanggaran sekecil apapun, juga bagi aparat intel dalam pelaksanaan tugasnya harus bebas dari Narkoba, inilah fungsinya kita lakukan tes urine yang mana kita ingin mengetahui anggota kita yang memang harus bersih dari narkoba, “ tukasnya mengakhiri./

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *