Gerhana Bukti Kekuasaan Sang Pencipta

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK – PostKotaPontianak.com !! Fenomena Gerhana Matahari Total dengan siklus 32 tahun sekali, dalam masa 320 tahun sekali dilintasan yang sama. Tak ayal Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 menjadikan Indonesia sebagai negara satu-satunya di dunia yang daratannya dilintasi Gerhana.

Sejatinya untuk wilayah Kalimantan Barat hanya Kabupaten Ketapang yang dapat merasakan Gerhana Matahari Total, sedangkan untuk wilayah Kota Pontianak hanya mengalami gerhana sekitar 90 persen.

Dari dua lokasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Pontianak, Masjid Raya Mujahidin menjadi tempat untuk melaksanakan Sholat Sunnah Khusuf, sedangkan di LAPAN Pontianak menjadi tempat pengamatan dengan disediakan teropong bintang.

Dalam pelaksanaan Sholat Sunnah Kusuf, bertindak sebagai Imam H. Salman Alfarisi sedangkan khatib Dr. H. Harjani Hefni yang mana dalam khotbahnya lebih menekankan kepada umat manusia untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan bukti kekuasaan yang dapat dilihat dari kejadian Gerhana Matahari.

“Hari ini kita menyaksikan matahari yang tak biasa ditutup oleh bulan. Jelas karena ini hikmah yang telah ditentukan oleh Allah. Peristiwa ini menandakan kebesaran Allah yang mana Allah memperingatkan kita akan kekuasaan atau kebesarannya, ” ucap Harjani dalam khotbahnya, dihadapkan para jamaah Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (9/3/16).

Untuk itu, lanjut Harjani memaparkan, mari kita jaga diri dan keluarga kita dari api neraka. Matahari adalah mahluk ciptaan Allah yang patuh pada sang penciptanya. Dengan tugasnya untuk memberikan pencerahan pada umat saat siang hari.

“Perlu saya tekankan meskipun gerhana saat ini  bisa untuk diprediksi oleh manusia, tapi hal itu hanyalah hitungan manusia yang ilmunya sedikit, yang tak bisa melampaui kekuasaan Allah. Contohnya masih banyak musibah di dunia ini yang terjadi, namun kita manusia tidak bisa memprediksinya, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *