Gemawan Gelar Dialog Provinsi Terkait Wilayah Kelola Rakyat

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – Lembaga Pengembangan Masyarakat Swandiri (Gemawan) mengadakan kegiatan dialog Provinsi dengan tema “Memperluas Akses Wilayah Kelola Rakyat di Kalimantan Barat: Kebijakan, Praktek dan Tantangan UU Desa, Tora, PS dan Restorasi Gambut” aula wisma Nusantara, sabtu (12/5/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini 12-13 Mei, membahas agenda besar percepatan perlindungan wilayah kelola rakyat di kalbar.

Kegiatan yang melibatkan sebanyak 150 peserta dari perwakilan 14 Kabupaten/Kota yang merupakan perwakilan kelompok petani, perempuan, tokoh masyarakat.

Kegiatan ini selain memperkenalkan skema-skema perlindungan wilayah desa melalui UU Desa, Perhutanan Sosial, TORA dan Restorasi Gambut, juga menjadi rangkaian pemebelajaran bersama antar semua pihak.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Pubertus Ipur (direktur Elpagar dan juga coordinator Konsorsium Pembaharuan Agraria/KPA), Happy Hendrawan (Koordinator Kemitraan Restorasi Gambut Kalbar), Samsuri biasa dipanggil Ableh (kelompok Kerja Perhutanan Sosial Kalbar), Agus Suryono SP (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar).

Menurut M Zuni Irawan, Ketua Panitia, Gemawan mengundang perwakilan dari 14 Kabupaten/ Kota dengan harapan melalui peserta ini mereka dapat melakukan sosialisasi yang sama di daerah mereka masing-masing.

Kesepahaman bersama juga diharapkan agar keempat regulasi tersebut bisa terintegrasi dalam perencanaan pembangunan khususnya di desa yang memiliki pengaturan khusus terkait desa dalam UU Desa 6/2014,jelas M. Zuni Irawan./ abe PKP.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *