Gairahkan Kembali Kegiatan Pramuka

Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 Siap Dimulai

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JAKARTA—Pramuka punya potensi besar untuk menjadi pilihan kegiatan yang positif dan menarik bagi

MOU Indonesia Scouts Challenge 2015-2016
MOU Indonesia Scouts Challenge 2015-2016

anak-anak dan para remaja di Indonesia. Ibarat api dalam sekam, hanya perlu sedikit pemantik untuk kembali menggelorakan Pramuka. Salah satunya melalui kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016, kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Jawa Pos Group.

Indonesia Scouts Challenge merupakan aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk anak didik (Penggalang Ramu) yang duduk di bangku kelas IV hingga V SD, dengan usia maksimal 12 tahun. Diadakan mulai dari tingkatan Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional, pemenang kegiatan ini akan diberi hadiah berangkat ke Amerika Serikat.

Penandatanganan MoU kegiatan ISC ini digelar di sela-sela Rakernas Gerakan Pramuka tahun 2015 di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta, antara Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, dan CEO Jawa Pos Group, Azrul Ananda. Penandatanganan MoU itu juga dihadiri oleh seluruh Kwartir Daerah ( Kwarda ) Pramuka dari seluruh provinsi di Indonesia.

Adhyaksa Dault sangat mengapresiasi keterlibatan pihak swasta ini dalam menggairahkan kembali kegiatan Pramuka di Indonesia. ”Kami terharu, bangga sekaligus berterimakasih atas inisiatif Mas Azrul dan Jawa Pos Group atas kepeduliannya mengembangkan Pramuka melalui program Indonesia Scouts Challenge ini,” ujar Adhyaksa. ”Insya Allah sangat berguna, bermanfaat dan bisa lebih menggairahkan kegiatan pramuka di kalangan anak-anak,” tambahnya.

Mantan Menpora ini memuji pelaksanaan East Java Scouts Challenge 2015 yang sudah digelar sejak Februari lalu. Event hasil kerjasama Jawa Pos dengan Kwarda Jawa Timur itu dinilai telah sukses memunculkan kembali gairah anak muda ke Pramuka. “Melihat kiprah Mas Azrul yang sukses mengembangkan basket bersama PT DBL Indonesia, saya optimistis kegiatan ISC ini ke depan akan jauh lebih meriah,” tandas Adhyaksa.

Azrul Ananda sendiri mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan Kwarnas. Melalui promosi yang gencar dan kegiatan-kegiatan yang dikemas secara menghibur dan menarik, Azrul optimis kegiatan ISC ini akan membesar dan berdampak positif bagi perkembangan pramuka ke depan.

”Pramuka itu potensinya luar biasa.  Jujur saja, tidak ada kegiatan yang potensinya lebih besar dan punya dampak positif dibandingkan Pramuka. Sebab, di Pramuka anak-anak bisa langsung diajarkan ketrampilan, ketangkasan, kerjasama dan pembentukan karakter yang mungkin tak cukup didapatkan dari sekolah saja,” ujar Azrul Ananda, CEO Jawa Pos Group.

Peserta kegiatan ISC 2015-2016 ini adalah Pramuka tingkat Penggalang Ramu yang duduk di bangku kelas IV hingga V SD, dengan usia maksimal 12 tahun. Sebagai pilot project, ISC akan digelar di beberapa provinsi kawasan Pulau Jawa dan Bali. Sistem seleksi diawali dengan regional championship (tingkat kabupaten/kota). Pemenang regu putra dan putri terbaik dari masing-masing kabupaten/kota berhak lolos ke province championship (tingkat provinsi).

Puncaknya, wakil dari masing-masing provinsi akan berangkat ke national championship yang digelar sekitar Agustus 2016 mendatang. Regu putra dan putri terbaik akan menyandang predikat sebagai juara nasional. Sebagai hadiahnya, mereka akan berkesempatan terbang ke Amerika Serikat serta berhak menerima hadiah tabungan pendidikan. (*/LHA/HWS)/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *