Forum Desa Perjuangkan Kebun Sawit Sebagai Asset Desa

Yohanes, SPDK
Yohanes, SPDK

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –  Ketua Forum Desa se Kabupaten Landak, Yohanes, SPDK, kemarin, (22/9), di Ngabang, mengatakan komitmennya untuk terus memperjuangkan kebun sawit untuk asset desa sebagaimana telah di atur dalam perda Kabupaten Landak nomor 10 tahun 2008, dimana diatur bahwa bagi desa yang wilayahnya dibangun kebun sawit oleh perusahaan, maka akan mendapat 10 hektar sebagai asset desa. “ Namun ini tidak dilaksanakan, oleh karena itu kami akan tuntut hal tersebut, ” tegas Yohanes.

Menurutnya, bila perda nomor 10 tahun 2008 itu dilaksanakan maka desa akan terasa mudah untuk mendapatkan dana untuk pembangunan di desa. Seperti diketahui bahwa ada sebanyak 154 desa se Kabupaten Landak ini yang wilayahnya terdapat pembangunan kebun kelapa sawit, hanya dua desa saja yang tidak terkena, yaitu desa Hilir Kantor dan desa Hilir Tengah Kecamatan Ngabang.

“Ironisnya lagi, perda nomor 10 tahun 2008 itu belum dilaksanakan, lalu kemudian muncul lagi perda nomor 11 tahun 2013, yang mana hal tersebut tidak dimunculkan. Inilah yang kami tuntut, dan surat tuntutan sudah kami  sampaikan ke pengadilan, ” terang Yohanes . (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *