Fordes : Beri Sanksi Kadis Berpihak

Panwaslu dan DPRD Harus Panggil Kadis Berpihak

DEPOK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Direktur Eksekutif Forum Rakyat Desa (Fordes), Rusdy Setiawan Putra mengingatkan, bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok dan tahapan-tahapannya

Ilustrasi.(ist)
Ilustrasi.(ist)

harus dilakukan secara jujur, adil, transparan dan terhindar dari akal busuk kedua kubu yang bertarung. Maka dari itu seluruh Kepala Dinas di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Depok harus netral dan tidak berpihak.

 “Jadi jika ada Kadis Pemkot Depok berpihak kepada salah satu pasangan calon, harus ditindak tegas dan bila perlu diberhentikan,” imbuhnya kepada sejumlah pewarta kemarin, dikantornya.

Rusdy menjelaskan, bahwa seperti kasus Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Depok Mumun Misbahul Munir sudah menciderai pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Depok. Apalagi, ada catatan buruk yang sama dan pernah terjadi pada Pilkada Depok tahun 2009 silam.

“Harus ada sanksi tegas untuk kepala dinas Pemkot Depok yang terlibat praktek-praktek tercela hanya untuk memenangkan salah satu pasangan calon. Panwaslu dan DPRD Kota Depok harus secepatnya memanggil kadis yang bakal dan berpihak untuk kepentingan politik salah satu pasangan calon,” jelasnya.

 Menurutnya, jika para kadis Pemkot Depok bergerak untuk kepentingan pasangan calon Idris Abdul Somad – Pradi Supriyatna, maka sama saja Dimas Oky Nugroho – Babay Suhaemi melawan Pemkot Depok. Dengan demikian Pilkada Depok menjadi sangat tidak fair.

“Artinya,  tidak adil dan terciderai oleh politik kotor demi kelanggengan kekuasaan semata. Kalau ini yang terjadi, maka masyarakat Depok lah yang menjadi korbannya,” tutur Rusdy.
Rusdy menambahkan, bahwa dalam pesta demokrasi, potensi penyimpangan, pelanggaran dan berbagai cara kotor masih sering dilakukan.

“Komitmen-komitmen yang tertuang dalam aturan-aturan yang ada harus dihormati dan dihargai serta dilaksanakan. Jangan malah mengotori dengan kekotoran yang lainnya dengan berbagai cara,” pungkasnya.

 Rusdy juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif  dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada Depok merupakan hal positif untuk menyelamatakan Pilkada Depok yang diharapkan melahirkan pemimpin yang baik dan berpihak kepada rakyat.

“Pengawasan masyarakat diharapkan mampu menciptakan Pilkada yang jujur, bersih, adil, dan mengurangi gugatan dari banyak pihak,” ujarnya.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *