Dukung Program Unggulan dan Wujudkan visi Kota Depok yang Nyaman

Disrumkim Kejar Data Base Perumahan dan Pemukiman

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( DEPOK ) – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, Pemerintah Kota Depok memiliki visi menjadikan Depok sebagai Kota yang unggul, nyaman, dan religius. Walikota dan Wakil Walikota Depok terpilih, Mohammad Idris dan Pradi Supriatna menguatkan visi tersebut melalui tiga program unggulan yaitu Depok Kota Sehat, Kota Bersih dan Ketahanan Keluarga.

“Jadi, guna mendukung program unggulan dan mewujudkan visi Kota Depok yang Nyaman, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok, membuat terobosan melalui pembangunan sistem informasi perumahan dan permukiman di Kota Depok. Sebagai langkah awal, akan dibuat database perumahan khususnya Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) perumahan yang ada di seluruh wilayah Kota Depok.

“Kami berusaha meningkatkan pelayanan ke masyarakat, yaitu ingin mempunyai data base PSU Perumahan, dengan cara menurunkan Tim kelapangan agar mendapatkan data perumahan di Kota Depok seperti apa kondisi wilayah perumahan tersebut, kemudian disimpan dalam sebuah sistem online” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Depok, Wijayanto kepada wartawan kemarin, di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, bahwa pendataan tersebut dimaksudkan agar pemerintah memiliki data yang akurat mengenai kondisi PSU perumahan. Dibuat dalam bentuk sistem informasi agar tersedia data dalam bentuk digital dan mudah diakses. Selain berguna bagi pemerintah, masyarakat juga dapat mengakses data dan berkontribusi langsung dengan melaporkan kondisi PSU perumahan yang memerlukan pemeliharaan. Data ini juga dapat dijadikan dasar dalam melakukan pembinaan dan komitmen terhadap pengembang.

“Jadi pada dasarnya pendataan tersebut kami lakukan yaitu, agar mengefektifkan dalam pembinaan dan pengambilan komitmen terhadap pengembang. Seperti pengembang yang belum penyerahkan PSU atau mereka baru melakukan pembangunan agar terdata. Bahkan masyarakat juga bisa berkontribusi yang lebih baik lagi,” jelas Wijayanto.

Wijayanto menambahkan, bahwa semua ini basicnya dari program unggulan Depok sebagai Kota yang unggul, nyaman, dan religius. Jadi pihaknya berusaha semaksimal mungkin menjadikan Depok nyaman. Bahkan dalam bulan ini pihaknya sudah mempunyai 11 titik sample lengkap dengan foto data satelitnya. Diharapkan pada tahun 2017 ini sudah terdata seluruh titik perumahan di Kota Depok.

“Kami membangun data sisitem ini selama 2 tahun, di tahun pertama kami mempunyai data base perumahan dan di tahun depan kita tambahkan data permukiman jadi target Dinas Perumahan dan Permukiman rencananya sudah mempunyai database sistem informasi perumahan dan permukiman Kota Depok yang sudah siap dengan foto data satelitnya,” ujarnya. (Faldi)  // Foto Kadis Perkim kota Depok./said //

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *