DUA BAKAL PASLON PİLBUP KAB. MEMPAWAH MENDAFTAR Dİ KPUD MEMPAWAH

MEMPAWAH – Pada hari ini resmi KPUD Kabupaten Mempawah menerima 2 (dua) pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten mempawah, 26/11/2017.

Dua Paslon Bupati dan wakil bupati mempawah yang diterima oleh KPUD Mempawah adalah, Rudy Bachtiar bersama Mochrizal dan Rahmat Satria bersama Ridwan Rusli.

Kusnadi SE selaku ketua KPUD kabupaten Mempawah menyapaikan, “kami berharap hari ini bise selesai melakukan verifikasi data paslon dari pasangan rudy bachtiar bersama mochrizal dan Rahmat satria bersama ridwan rusli.”

“Pemeriksaan berkas ini dilakukan sebagai tahap awal dari paslon perseorangan untuk melengkapi perayaratan pendaftaran dan nanti akan kami seleksi, jika ada permasalahan dalam kekurangan data tersebut maka kami akan memanggil para timses untuk memperbaiki, paling lambat perbaikan sampai tanggal 29 Nopember 2017.” ungkapnya

Dalam pemeriksaan berkas ini langsung dilakukan saat itu juga oleh KPUD Kabupaten Mempawah, awal pemeriksaan dilakukan adalah data pendukung dari para paslon dengan didampingi oleh para timses dari masing-masing paslon.

“Dalam hal ini ada paslon yang masih berstatus PNS atau masih menjabat, jadi kami harapkan untuk segera melakukan penyelesaian pada dinas atau instansi terkait pernyataan pengunduruan diri, dan ini juga merupakan syarat dalam menjadi paslon tersebut.” jelasnya

Mengenai calon perseorangan jika ingin maju bupati dan wakil bupati paling sedikit harus mengantongi 10% dari jumlah DPT.

“DPT yang digunakan adalah DPT Pilpres tahun 2014 yang lalu. Jumlah DPT sebanyak 182.121 pemilih.” ujarnya

Jika mengacu dari ketentuan, bahwa paslon perseorangan minimal mengantongi minimal dukungan sejumlah 18.313 pemilih dukungan.

Kusnadi mengatakan bahwa dukungan calon perseorangan cabup dan wabup harus tersebar dilebih 50% jumlah kecamatan di kabupaten mempawah. minimal di 5 kecamatan. İni berdasarkan PKPU No. 3 tahun 2017, bahwa didalam pasal 11, penduduk yang dapat memberikan dukunhan harus memenuhi syarat sebagai pemilih yang berdomisili di daerah pemilihan, dibuktikan dengan KTP Elektronik, atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Disdukcapil bahwa penduduk tersebut berdomisili diwilayah administrasi yang sedang menyelenggarakan pemilu paling singkat setahun

“Berdasarkan tahapan yang telah ditentukan, pencalonan perseorangan akan dirampungkan pada akhir tahun ini.” jelasnya. (ar1LN/rls). //Foto : ist//.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *