DPRD Sintang Mulai Bahas 10 Raperda Prioritas

Wednesday, 25 February 2015 14:01

SINTANG-DPRD Kabupaten Sintang adakan Rapat Paripurna ke-4 DPRD Kabupaten Sintang Masa Persidangan ke-I Tahun 2015 dalam rangka penyampaian 10(sepuluh) Raperda Kabupaten Sintang Tahun 2015 adapun 10 Raperda yang akan dibahas tersebut diantaranya perubahan penyertaan modal di Bank Kalbar  Tahun 2014 lalu, ke-2 juga penambahan perubahan di PT. Bank Kallbar untuk Tahun 2015 ini, ke-3 Penyertaan Modal untuk PDAM, ke-4 tentang administrasi Kependudukan, ke-5 pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga, ke-6 lingkungan hidup, ke-7 tarif layanan kesehatan pada RSUD Ade M.Joen Sintang, ke-8 perlindungan dan kesejahteraan sosial pada penyadang resabilitas, ke-9 kesejahteraan lanjut usia, ke-10 perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan.

 Perubahan Masa sidang ke 1 Tahun Anggaran 2015 ini Sekwan Sintang Abdul Syufriadi,SH,M.Si mengatakan, 10 Raperda yang disampaikan oleh Bupati Sintang  sebenarnya ada 13 Raperda yang diajukan kita bersinergis dengan prolekda 3 Raperda dalam yang sudah masuk prolekda kita, sudah masuk aturan legislati di DPRD Sintang pertanggungan dan pendapatan Tahun 2014, tentang APBD Perubahan Tqahun12015, serta tentang APBD murni Tahun 16.

10 Raperda yang mendesak untuk dibahas, sesuai dengan tatib tadi penyampaian dari bupati Sintang, besok akan dilanjutkan dengan pandangan umum fraksi-fraksi, Tanggal 27 Februari 2015 Tanggapan dari Bupati Sintang, 27 sorenya akan dibentuk pansus, lalu pembahasannya akan dimulai Tanggal 28 Februari sampai 18 Maret 2015,

Sedangkan tahapan kedua terdiri dari pembahasan, dan laporan dari pansus, dan pendapat akhir dari Bupati serta  persetujuan yang diperkirakan pada Tanggal 18 Maret 2015 mendatang.

Kalau dilaksanakan secara maksimal, artinya tidak terbuang begitu saja waktu yang diberikan oleh badan musyawarah itu bisa tercapai sesuai dengan tujuan.

Sementara itu Ketua DPRD kabupaten sintang Jeffray Edward,SE,M.Si mengatakan, Banmus sudah melaksanakan proses-proses tersebut, ia berharap pansus dapat bekerja dengan baik, semua perda ini bisa disepakati bersama dengan baik serta perda yang hasilkan tersebut bisa mensejahterakan masyarakat di khususnya di Kabupaten Sintang ini.

Selain itu dalam waktu sekarang ini DPRD Sintang sedang dalam pertengahan antara Musrembang Keca matan saat ini kita selibkan kegiatan pembahasan Raperda yang akan kita bahas pada masa sidang saat ini, sambil menunggu musrembang di Kabupaten,”ujarnya.

Sementara itu dalam pandangannya Bupati Sintang Drs.Milton Cosby,M.Si mengatakan, terhadap 10 Raperda yang disampaikan dalam masa persidangan paripurna ini, mengatur bidang keuangan daerah, kependudukan, persampahan, bidang sosial, kesehatan,  dan pelayanan perempuan dan anak.

Masing-masing Raperda dimaksud memiliki filosifi, sosiologi, yuridis yang berlaku atau berkepastian hukum, diantaranya subtansi raperda tentang penambahan modal pada Bank Kalbar dalam rangka memenuhi Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.(MS)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *