DPRD Kubu Raya Minta Pemkab Fasilitasi Pengembangbiakan Sapi

( POSTKOTAPONTIANAK.COM )

KUBU RAYA- Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya meminta Pemkab setempat untuk memfasilitasi pengembangbiakan sapi sebagai upaya penigkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

“ Hal ini terkait dengan otensi pengembangbiakan  sapi di Kubu Raya cukup baik  dan menjanjikan dan ini dapat

Sapi unggul.(Ist)
Sapi unggul.(Ist)

dilihat  dari baiknya  prospek tersebut seperti yang telah dilakukan masyarakat.

“ Kita mengharapan pemkab  Kubu Raya melalui dinas terkait agar bisa memfasiliasi  dan membantu para peternak sapi  di Kabupaten ini ,” kata Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Nurdin, di Sungai Raya, Minggu, (15/3/2015).

Ia menambahkan, Pemkab Kubu Raya bisa memaksimalkan potensi peternakan yang ada maka kedepannya  kabupaten ini dapat menjadi sentral daging sapi untuk memenuhi kebutuhan serta memasok daging sapi di daerah tetangga seperti Pontianak dan Mempawah .

“ Kabupaten Kubu Raya diperlukan menjadi sentral daging sapi di Kalbar, dengan memasok daging sapi di seluruh wilayah Kalimantan Barat ini,” tuturnya.

Apa lagi, lanjutnya , kebutuhan akan daging sapi di Kalimantan Barat sangat tinggi tidak hanya hari raya keagamaan saja, namun  juga sehari-harinya.

Menurutnya, daerah yang cocok untuk menjadi  sentra peternakan sapi di Kubu Raya adalah di Sungai Kakap dan Rasau Jaya. “ Namun yang memungkinkan adalah Kakap dan Rasau lantaran akses yang sangat mudah untuk di jangkau,” ujarnya.

Untuk tahap awal, daging sapi dapat menjawab kebutuhan masyarakat Kubu Raya terlebih dahulu, sehingga dengan demikian  masyarakat tidak tergantung  daging sapi dari luar  karena sudah terpenuhi.

” Saya juga pernah mendapat masukan dari masyarakat agar Pemkab  Kubu Raya dapat memberikan bantuan  bibit sapi kepada kelompok-kelompok tani  dengan  tepat sasaran, dan harus disurvei apakah kelompok itu mampu untuk beternak sapi agar bantuan yang diberikan itu tidak sia-sia,” jelasnya ( yan-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *