DKP Pantau Cuaca

MEMPAWAH– POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Cuaca ekstrem yang kerap tidak menentu belakangan ini

Kepala DKP Mempawah, H. Imansyah./Ist
Kepala DKP Mempawah, H. Imansyah./Ist

mendapat perhatian khusus dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mempawah. DKP melakukan pantauan terhadap perubahan cuaca diwilayah perairan. Jika situasi memburuk, maka segera ditindaklanjuti kepada para nelayan setempat.

“Sejauh ini kita belum mendapatkan pemberitahuan berkenaan dengan kondisi cuaca dari BMKG Pontianak. Biasanya, jika ada cuaca ekstrem yang berdampak terhadap gelombang tinggi diwilayah perairan kita maka BMKG akan menyampaikan pemberitahuan,” tutur Kepala DKP Mempawah, H. Imansyah, Rabu (10/2) sore.

Imansyah menerangkan, pemberitahuan dari BMKG tersebut biasanya disampaikan melalui pihaknya maupun langsung ditujukan kepada kelompok-kelompok nelayan. Pemberitahuan tersebut sebagai bentuk peringatan dan antisipasi agar para nelayan meningkatkan kewaspadaan ketika pergi melaut.

“Berkenaan dengan cuaca, kita selalu berpatokan pada BMKG. Sebab, mereka lah institusi berwenang dibidang itu. Hasil prakiraan dari BMKG inilah yang kita jadikan landasan untuk mengeluarkan surat himbauan atau pemberitahuan kepada nelayan. Makanya, saat ini kita juga masih menunggu dan terus memantau kondisi cuaca,” akunya.

Terkait pantauan cuaca, Imansyah mengatakan pihaknya cukup kesulitan dalam melakukan perkiraan atau prediksi. Sebab, saat ini kondisi cuaca bisa dibilang tidak menentu.

“Terkadang kondisi cuacanya bagus, terkadang seketika bisa berubah-ubah. Makanya, kita serahkan kepada BMKG yang lebih lengkap peralatan dan ahli dibidang cuaca,” imbuhnya.

Meski belum ada peringatan secara tertulis, Imansyah senantiasa menghimbau para nelayan di Kabupaten Mempawah tetap waspada ketika berada dilaut. Pastilah para nelayan melengkapi peralatan keselamatan kerjanya.

“Peralatan keselamatan sangat penting untuk para nelayan ketika berada dilaut. Jika sewaktu-waktu terjadi insiden dilaut, maka nelayan bisa bertahan hidup sembari menunggu datangnya pertolongan,” tukasnya./Eric

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *