Penjualan Smartphone ASUS Meningkat Tajam

Hanya dalam beberapa bulan, penjualan ASUS kini mencapai separuh Samsung

Jakarta (6 Maret 2015) – Selain merilis data terkait industri tablet PC di Indonesia, lembaga riset dan analisis data terkemuka IDC yang melakukan studi hingga kuartal keempat 2014, juga merilis hasil penelitian mereka terkait pasar smartphone di Tanah Air. Data yang dirilis tersebut juga mengungkapkan beberapa fakta yang menarik.

ASUS.(ist)
ASUS.(ist)

Pada kuartal terakhir tahun 2014 lalu, ASUS berhasil memasarkan 801.489 unit smartphone. Penjualan ini mencapai separuh penjualan smartphone dari produsen yang pada Q4 2014 memimpin pasar dengan penjualan 1.591.490 unit. Adapun total penjualan dengan produsen yang berada di peringkat kedua di pasar smartphone Android di Indonesia hanya terpaut 8.312 unit saja (0.5%) saja.

“Hadirnya smartphone ASUS Zenfone berhasil mengubah peta persaingan industri smartphone di Indonesia. Ini bisa kita lihat dari data lembaga riset terkemuka IDC,” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia. “Pengguna smartphone Android di Tanah Air kini memiliki alternatif pilihan smartphone lain yang memiliki desain premium dan kinerja bagus serta berbagai fitur, namun di harga yang masuk akal,” ucapnya.

Juliana menyebutkan, konsumen di Indonesia sudah semakin teredukasi dan pintar. “Kini mereka sangat teliti dan mempertimbangkan masak-masak saat akan menentukan smartphone mana yang akan mereka pilih yang nilainya paling optimal dengan uang yang mereka keluarkan,” ucapnya. “Faktor ini yang membuat banyak di antara mereka yang memilih untuk beralih ke ASUS Zenfone,” sebut Juliana.

ASUS Zenfone, Smartphone Terbaik di Kelasnya

Setelah peluncurannya di Indonesia, ASUS Zenfone series mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari kalangan pengguna dan industri smartphone. “Hal ini dikarenakan setiap lini smartphone ASUS Zenfone menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan smartphone-smartphone lain yang menjadi kompetitor di kelasnya masing-masing,” sebut Juliana.

Dari sisi produk, lini smartphone ASUS Zenfone memiliki desain yang premium yang tak kalah dengan smartphone flagship dari kompetitor. Demikian pula dari sisi spesifikasi dan fitur-fitur yang ditanamkan pada ASUS Zenfone. “Padahal, untuk produk yang sekelas, vendor-vendor lain yang sudah lebih dulu terjun di industri smartphone di Indonesia, menawarkannya di harga yang lebih mahal,” ucap Juliana.

Tak hanya dari sisi produk, Juliana menambahkan, ASUS juga memperhatikan dan menerima masukan dari pengguna yang telah membeli produknya. “ Sejumlah perbaikan dan fitur-fitur baru kami hadirkan berdasarkan feedback dari pengguna,” ucap Juliana.

“ Bahkan sistem operasi Android pada lini ASUS Zenfone terus kami tingkatkan. Mulai dari Jelly Bean, sampai ke KitKat, bahkan rencananya kita akan hadirkan pula update ke Android Lollipop. Semua ini kami hadirkan demi kepuasan pengguna yang sudah memilih produk smartphone ASUS Zenfone,” ucap Juliana. “Jadi, tidak ada kata ASUS jual putus. Setiap pengguna yang telah membeli smartphone ASUS Zenfone akan kami perhatikan, dan ini merupakan bagian dari layanan purna jual yang kami tawarkan,” ucapnya.

Tak hanya menghadirkan smartphone ASUS Zenfone 4, 5, dan 6, ASUS juga terus menghadirkan pilihan-pilihan lain bagi pengguna yang ingin mencari smartphone berkualitas di harga yang terjangkau. “ASUS juga telah memasarkan seri Zenfone 4S dan segera akan menghadirkan update-nya yakni the New Zenfone 4S dalam waktu dekat. Ke depan, tentunya masih akan ada banyak inovasi pada lini produk ASUS Zenfone yang akan kami hadirkan ke Indonesia,” sebut Juliana.

New Zenfone 4S, atau ZF451CG, merupakan smartphone Android KitKat berukuran 4,5 inci. Generasi penerus dari Zenfone 4S yang fenomenal itu kini dilengkapi dengan baterai removable yang lebih besar, yakni 2.100mAh. New Zenfone 4S juga telah dilengkapi fitur noise cancellation lewat dual microphone untuk kualitas suara percakapan telepon yang lebih bersih dan jelas. Modul kameranya juga di-update. Kini kamera utama 5MP PixelMaster yang tersedia sudah mendukung Low Light Mode.

ASUS juga menambah SKU terbaru pada lini produk Zenfone 5. Varian terbaru ini menggunakan CPU Intel Z2520 @1.2GHz dan internal storage 8GB eMMC. Penggunaan prosesor ini akan mampu memperpanjang masa aktif baterai dibandingkan dengan sebelumnya. Adapun untuk penjualan, Zenfone 5 versi baru ini akan tersedia di open channel dan juga di Online Store ASUS.

Tentang ASUS

ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-Uhari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.

Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.326 penghargaan di 2014. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 13.600 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 4.500 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) yang berkelas dunia.

Di Indonesia, Pada kuartal kedua 2014, IDC juga melaporkan bahwa di bisnis perangkat mobile computing di Indonesia, ASUS terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dan mengakhiri kuartal tersebut dengan market share sebesar 38,41 persen. Di industri tablet, per Desember 2014, ASUS juga berhasil meraih posisi sebagai TOP 3 brand di Indonesia, dengan perbedaan hanya 0.5% dari Samsung. Di industri smartphone, pada kuartal keempat 2014, ASUS juga menjadi posisi sebagai TOP 3 brand di Indonesia. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, penjualan ASUS sudah separuh Samsung.

( Press release yang dikirim ke redaksi “PostKota Pontianak.com” )

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *