Diliputi Awan Mendung Gerhana di Pontianak Hanya Berdurasi Tujuh Detik

Reporter : Hendry Wjs

PONTIANAK – PostKotaPontianak.com !! Gerhana matahari total ( GMT ) di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, yang diprediksi terjadi sekitar pukul 06.26 WIB hingga pukul 07.27 WIB, diliputi awan mendung, sehingga ratusan warga yang sudah antusias untuk menyaksikannya hanya bisa melihat gerhana matahari dari Provinsi lainnya dari layar infokus saja yang disiapkan pihak LAPAN.

” Kami sudah sejak pukul 06.00 WIB berada di LAPAN  Pontianak, untuk menyaksikan gerhana matahari, tetapi tidak bisa melihatnya karena tertutup awan mendung,” menurut salah satu pengakuan warga  yang menyaksikan gerhana matahari dari pagi saya datang kesini bersama keluarga hanya untuk menyasikan gerhana matahari di Kantor Lapan Pontianak untuk melihat penomena langka ini menggunakan teropong dan kaca mata khusus yang disediakan pihak Lapan,” ucapnya pada PostkotaPontianak.com.

Dari hasil pantauan dilapangan  terlihat beberapa media  cetak, Online serta elektronik panca negara yang turut serta, melakukan peliputan.

Sementara itu, Kepala Lapan Pontianak, Mujirwan menyatakan uniknya GMT yang melewati daratan hanya di Indonesia, termasuk di Kota Pontianak, sementara di negara lainnya di lautan lepas.

Mujirwan menambahkan, khusus di Kota Pontianak karena diliputi awan mendung maka gerhana yang saat ini hanya berdurasi 7 detik yang terlihat tidak menutup kemungkinan gerhana matahari akan terjadi lagi 30/40 tahun yang akan datang./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *