Diduga:Pembangunan SPAM IKK Jagoi Babang Belum di Fungsikan Sudah Rusak

Ketua tim Budi G dan Ahau Kadoh./bd
Ketua tim Budi G dan Ahau Kadoh./bd

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! BENGKAYANGKetua Tim Investigasi DPD Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kalimantan Barat Budhi Gautama mengaku kaget saat mengunjungi dan melihat langsunng hasil Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum SPAM IKK Jagoi Babang berkapasitas 30 liter / detik yang ada di Dusun Babang Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.

SPAM IKK Jagoi Babang ini telah dilaksanakan uji coba oleh Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (RKPAM) Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa, 15 April 2014 yang dihadiri oleh jajajaran Pemkab Bengkayang diantaranya, Kadis Pekerjaan Umum, Kepala PDAM dan Camat Jagoi Babang

Proyek  yang memasuki usia satu tahun ini di bangun sudah sangat parah kondisinya, dimana saat ini fisik bangunan tersebut sangat memprihatinkan pagar bangunan ada beberapa bagian yg roboh,serta pipa yang tertanam semua sudah banyak yang timbul di permukaan tanah seperti sengaja dibiarkan.

Kondisi pekerjaan dilapangan./bd
Kondisi pekerjaan dilapangan./bd

Proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 tersebut nilainya mencapai Rp. 9.457.543.000,- Miliar yang dikerjakan oleh PT.WKE, sangat di sayangkan dengan dana yang begitu besar dikerjakan dengan cara asal-asalan,seharus dengan pembangunan SPAM tersebut sudah dapat dinikmati masyarakat dan memiliki asas mamfaat.

Menurut Budhi, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Penilitian dan Pengembangan Lembaga Investigasi Pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (LIP-NKRI) Kalimantan Barat, ia akan membawa kasus ini dan membahasnya dalam Rapat Koordinasi hasil Kunjungan Kerjanya nanti. Ia juga meminta kepada pihak pelaksana yang mengerjakan proyek ini untuk memperbaiki pekerjaannya yang terkesan dipaksakan.

Selanjutnya kata Budhi ‘seharusnya ada perencanaan yang matang dan studi kelayakan.

“Kalau perencanaan bagus maka hasilnyapun akan baik tidak mungkin seperti ini.” Jelas Budhi, saat menerima masukan dari warga sekitar pada agenda kunjungan Kerjanya , Kamis (04-04-2015)

Ahau Kadoh salah satu tokoh masyarakat adat Desa Jagoi setempat. sempat protes pada saat pembangunan sedang di proses, warga pun merasa tidak yakin kerena lokasi penepatan pembangunannya tidak tepat, lokasinya tidak menjamin akan bertahan lama,dimana dinding turap,barau penahan tanah tidak terpasang dengan baik hal ini akan menyebabkan tanahnya longsor kalau hujan bisa saja mengalami pengesran.

Ditambah lagi kondisi tanahnya labil Pembangunan ini juga sempat di hentikan.”Menurutnya masak Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum SPAM IKK dengan dana yang fantastis ini ternyata kenyataannya baru satu tahun sudah hancur lebur, ungkapnya.

Pihaknya menduga, ada yang tidak beres dalam proses pembangunan tersebut, sebab belum setahun sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Pastinya terkesan ada yang janggal dalam pembangunan SPAM IKK ini apalagi yang menggarap dari pusat, yakni dari BUMN,” lanjutnya.

Kondisi Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum SPAM IKK mengalami kerusakan. Hal itu membuat masyarakat yang ada di sekitar khawatir dengan runtuh dan robohnya banugunan tersebut. Bangunan tersebut terancam roboh akibat pergerseran. Untuk itu kami warga mayarakat yang ada disini berharap agar segera diperbaiki, supaya warga tidak perlu lagi khawatir, tegasnya.

Hingga berita ini kirim ke redaksi “postkotapontianak.com”, menurut keterangan Budi, Mohammad Ali Tasrief,ST,MT selaku Satker Pengolahan Air Minum Kalimantan Barat, saat di konfirmasi Via HP dan SMS tidak menjawab, terkesan menghindar, pungkas Budi./ (AWIE-TIM)

2 thoughts on “Diduga:Pembangunan SPAM IKK Jagoi Babang Belum di Fungsikan Sudah Rusak

  1. Melalui POSTKOTAPONTIANAK.COM,
    Sudah saatnya masyarakat /khalayak perlu mengetahui banyak tentang dampak korupsi yang terjadi, dimasyarakat , institusi pemerintahmaupun swasta setidaknya dari informasi yang disajikan secara kontinyu dan berkesinambungan ini mendidik masyarakat untuk turut serta dalam gerakan antikorupsi. Yang lebih penting lagi mereka berani melaporkan temuan dugaan kasus yang dilihat dirasakan dan dipahami sebagai bentuk penyimpangan yang berbau KKN. Ancung 2 Jempol untuk Tim dan redaksi POSTKOTAPONTIANAK.COM , Salam Ganyang Koruptor

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *