Diduga Penyalah Gunaan Dana Desa, Kades Bengaras dilaporkan Ke Polisi

KETAPANG – Diduga adanya penyalah gunaan Dana Desa yang dilakukan oleh Susilia Isabela,A.Md Kepala Desa Bengaras Kecamatan Sungai Laor Kabupaten Ketapang akhirnya di laporkan Kepolisian Resort Ketapang, Rabu (1/11).

Dugaan penyalah gunaan anggaran dilaporkan oleh Supriadi dari Tim Invedstigasi dan Analisis Korupsi (Tindak) berdasarkan laporan dari berbagai pihak terhadap kebijakan Kepala Desa yang di anggap sudah menyalahi aturan yang berlaku.

Ketika dihubungi Supriadi (2/11) menjelaskan”, berdasarkan analisa dugaan yang telah terjadinya perbuatan melawan hukum dan berdampak merugikan keuangan negara”,tuturnya.

“Laporan yang kami sampaikan adalah Kades tidak pernah melibatkan BPD dalam pengawasan pembangunan desa, Kades berupaya memanipulasi data atau memalsukan data untuk laporan pertanggung jawaban dana desa serta memalsukan tanda tangan penerima upah kerja”,cetusnya.

Selain itu supriadi dari Tindak juga melaporkan bahwasanya Kades tidak pernah melibatkan TPK dalam mengelola keuangan untuk pembangunan desa dalam artikata kades melaksanakan pengelolaan pembangunan desa sendiri. Hasil kerjaan bangunan jalan rabat beton tidak sesuai dengan anggaran belanja Dana Desa atau pembangunan tersebut di Mark Up sehingga merugikan keuangan negara”,bebernya.

Laporan beserta dokumen pendukung lainnya seperti pernyataan dari Bendahara Desa, Ketua TPK, Ketua RW dan RT resmi disampaikan ke Polres Ketapang dan diterima dan juga di tebuskan ke BPK dan Bupati Ketapang.

Sementara itu Kades Bengaras Susilia Isabela,A.Md ketika dikomfirmasi mengatakan bahwa permasalahan tersebut sudah diselesaikan secara internal baik melalui kecamatan dan di dalam desa itu sendiri.

“Itu sudah diselesaikan secara internal kami baik melalui kecamatan maupun didalam desa kami sendiri jadi sekarang tidak ada masalah dan sudah diperbaiki juga sudah dilaksanakan sesuai aturan baik dengan TPK maupun yang lainnya”,ungkap Susilia Isabela./(OneMan).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *