Di Pantai Liang Ambon, Pramuka Teriakan Anti Narkoba dan Lepas Ribuan Anak Penyu

Post Kota Pontianak OnlineAMBON – Dalam Pembukaan Perkemahan Madrasah Nasional (PPMN) ke II di Pantai Liang, Kabupaten Maluku Tengah. PPMN ‎Rabu (25/5/2016) Menteri Agama Kak Lukman Hakim Saifuddin  mengajak kepada 2.000 peserta pramuka menyuarakan anti narkoba, anti tawuran dan anti kekerasan.

“Pramuka…..!” teriak Menteri Lukman, “Anti Narkoba!”  jawab serentak para peserta dengan penuh semangat. ‎Kak Lukman menyampaikan rasa terima kasih dan bangga, Perkemahan Madrasah tahun ini bisa diadakan di Maluku Tengah. Sebagai wilayah Timur Indonesia, Ambon dinilai memiliki sumber daya alam luar biasa. Namun, SDA itu menjadi tidak bermakna bila sumber daya manusianya dirusak oleh narkoba dan pornografi. ‎

“Jadi‎ Pramuka dengan Dasa Dharmanya jangan hanya kita bacakan saat upacara, tetapi juga kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama Kak Marbawi dalam sambutannya mewakili Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault mengatakan, Pramuka semakin menjadi pilihan generasi muda.

Kak Marbawi juga mengajak kepada seluruh peserta untuk mempromosikan produk lokal, pariwisata, kuliner dan budaya Indonesia di media sosial. “Generasi sekarang memiliki kelebihan ketimbang generasi sebelumnya, karena generasi sekarang memiliki medsos, Nah medsos ini harus digunakan untuk kepentingan Indonesia,”  Ujar Marbawi.

Tokoh lain yg memberikan sambutan yaitu, Gubernur Maluku, Said Assagaff menjelaskan tentang sejarah panjang Maluku dan rasa bangganya atas dipilihnya Ambon sebagai tuan rumah kegiatan nasional ini. “Sengaja kita pilihkan lokasi perkemahan di tepi pantai, agar generasi muda kita semakin dekat dengan visi maritim bangsa kita,”  ungkap Said Assagaff.

Tahun ini, PPMN  diikuti oleh siswa-siswi madrasah tsanawiyah atau golongan pramuka penggalang dari 33 provinsi yang masing-masing provinsi mengutus 20 siswa sebagai peserta PPMN‎. Kemah ini berlangsung sampai 28 Mei 2016.

Setelah acara pembukaan, akan dilakukan Pemecahan Rekor MURI, yakni pelepasan Tukik Anak Penyu Laut Terbanyak, dengan melepaskan sebanyak 3.047 ekor. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Ketua Kwarnas, Marbawi dan Gubernur Maluku, Said Assagaff ikut melepaskan Tukik Anak Penyu ini ke laut bersama ratusan Pramuka lainnya./*r/PKP

Post Kota Pontianak OnlinePost Kota Pontianak Online

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *