Dewan Lirik Perda Baru

Darwis, SH, MH
Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Mempawah, Darwis, SH, MH./ foto :dn-PKP

PostKotaPontianak.com ! Mempawah – Mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak, DPRD melirik keberadaan dermaga mini dan aktivitas bongkar muat perusahaan. Karenanya, lembaga wakil rakyat itu berencana membuat Peraturan Daerah (Perda).

“Kita perhatikan hampir semua perusahaan yang beraktifitas di wilayah Kecamatan Siantan memiliki staigher mini dan adanya aktifitas bongkar muat barang. Nah, kami memandang kedua objek ini sangat potensial untuk dikelola mendajadi PAD,” ungkap Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Mempawah, Darwis, SH, MH.

Menurut Legislator Dapil Siantan-Segedong ini, mengungkapkan potensi pungutan pajak dari staigher mini dan bongkar muat barang cukup besar. Jika direalisasikan, dirinya berkeyakinan mampu mengumpulkan nilai yang  cukup besar untuk mendongrak jumlah PAD Kabupaten Mempawah dimasa mendatang.

“Segala potensi PAD harus bisa kita maksimalkan. Sebab, PAD akan sangat penting dalam upaya mendukung program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah di masyarakat,” pendapatnya.

Namun, imbuh Darwis, untuk merealisasikan pungutan PAD tersebut diperlukan suatu Perda. Sebab, tanpa memiliki payung hukum dalam bentuk Perda maka setiap penarikan yang dianggap pungutan liar (pungli).

“Harus ada Perda terlebih dahulu. Kalau Perda nya sudah ada, maka pajak pun bisa dipungut. Makanya, kami akan memikirkan penggodokan Perda dimaksud. Bisa saja menjadi perda inisiatif dewan atau diusulkan oleh eksekutif,” tukasnya.(leo/din-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *