Desa Hilir Kantor Realisasikan Dana Desa dan ADD

Pembangunan jalan rabat beton di Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Landak Kalbar./ foto : dan
Pembangunan jalan rabat beton di Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang Landak Kalbar./ foto : dan

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak pada tahun 2016 memperoleh kucuran Dana Desa  (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) mencapai Rp.1 milyar lebih.  Dari dana tersebut sebanyak Rp.260 juta diperutukan pembangunan jalan rabat beton. Kepala Desa Hilir Kantor, Yohanes, SPd.K, mengatakan hal itu, Jum’at pekan lalu.

Selanjutnya dikatakan,  Dana Desa dan ADD untuk tahap pertama sudah direalisasi. “ Melalui rapat musyawarah Desa sudah kami sampaikan pagu dana sesuai petunjuk teknis semua Aparatur Desa dan masyarakat mengetahuinya,” kata Kepala Desa Hilir Kantor, Yohanes, SPd.K.

Menurutnya, untuk tahap pertama, dana fisik bangunan rabat beton sebesar Rp. 260 juta dibagi dua lokasi. Lokasi pertama di Dusun Tungkul persisnya di Gang Sutra, dengan rabat beton panjang 330 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 15 cm, dengan total dana Rp.130 juta.

Sedangkan lokasi kedua di Dusun Ria Sinir untuk rabat beton Gang Tanjung Pura dengan dana Rp.130 juta dengan ukuran sama dengan di gang Sutra. “Selain itu, Dana Desa juga untuk pemeliharaan bangunan Polindes di Tanjung dan sudah dibangun dan selesai pengerjaannya. Berkaitan Dana Desa juga untuk operaisonal RT, Posyandu, PKK, Hansip Desa, Pasirah Desa dan lainnya,” ungkap Yohanes.

Yohanes menambahkan, dalam penggunaan dana tersebut sudah dikucurkan di pos masing-masing berdasarkan rapat atau musyawarah Desa. “Kontek keterbukaan transparansi sudah kami lakukan, ketika kita memberikan
konsep keterbukaan, maka masyarakat akan merasakan imbas pembangunan,” pungkas ketua Latric Landak tersebut. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *