Deninteldam XII Tanjungpura Gagalkan Pencurian Pecah Kaca Mobil

Reporter : Devi Lahendra

Serka Diswanto. / foto : Devi Lahendra
Serka Diswanto. / foto : Devi Lahendra

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Bertugas di Detasemen Intelijen Kodam  XII Tanjungpura (Deninteldam), Serka Diswanto berhasil mengagalkan aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil, Minggu (24/4/16), berlokasi di Jalan Sudirman, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Penangkapan yang dilakukan oleh Serka Diswanto, bermula dari kecurigaan dirinya saat melihat gelagat si pelaku yang hendak kabur dengan membawa tas hasil curian yang diambil dari mobil avanza hitam yang terparkir tidak jauh dari Markas Satuan Deninteldam XII Tanjungpura.

“Saat kejadian kebetulan saya sedang piket, melihat gerak gerik yang mencurigakan, pelaku sudah saya intai dan ternyata memang benar orang yang saya curigai itu melakukan pencurian dengan pecah kacah mobil dan mengambil tas yang ada di dalam mobil. Ya spontan saja saya langsung mengejar dan menangkapnya, ” ucap Diswanto, pada postkotapontianak.com.

Selama 12 tahun bertugas di Satuan Deninteldam XII Tanjungpura, tampaknya membuat Serka Diswanto terlatih untuk mengambil tindakan, baik pengamanan maupun penangkapan, meski beresiko berhadapan dengan pelaku tindakan kejahatan.

“Ini penangkapan yang kelima yang sudah saya lakukan, kesemuanya sendiri saya lakukan. Dalam hal ini kita dari TNI membantu pihak Kepolisian, setelah kita lakukan penangkapan selanjutnya kita serahkan kepada Kepolisian untuk menindak lanjutinya, ” kata Diswanto yang sebelumnya pernah bergabung di satuan 641.

Dalam aksinya pelaku memecahkan kaca mobil dengan menggunakan baut ukuran 13, pelaku melancarkan aksinya seorang diri dengan menggunakan sepeda motor, dan pelaku merupakan resedivis dalam kasus yang sama./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *