Data BPS Depok 80.903 Orang Masih Pengangguran

DEPOK ! PKP – Berdasarkan data BPS jumlah pengangguran di Kota Depok saat ini mencapai 80.903 orang. Artinya kondisi ketenagakerjaan di Kota Depok saat ini belum menggembirakan.

“Maka dari itu, pihak Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) berupaya mencari solusi dengan menggelar bursa kerja dua kali dalam setahun,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Diah Sadiah kepada wartawan, Selasa (20/9/2016), di Depok.

Menurut Diah, bahwa 50 perusahaan tersebut menawarkan 6.995 lowongan kerja. Sebab jumlah pencari kerja sejak Januari 2016 hingga saat ini mencapai 3.393 orang. Sedangkan jumlah kesempatan kerja terbatas.

“Jadi, digelarnya bursa Lowongan Kerja (Job Fair) selama tiga hari mulai 20 hingga 23 September 2016 bertempat di lantai II Pusat perbelanjaan Depok Mall, Kota Depok,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Depok Muhammad Idris membenarkan, bahwa digelarnya job fair merupakan salah satu media untuk memfasilitasi warga pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.
Sebab jumlah pengangguran Kota Depok tahun 2016 ini naik sekitar 2000 orang, karena itu, Pemkot memfasilitasi dengan Job fair dan layanan pembuatan kartu AK1 secara gratis.

“Untuk itu kami berharap perusahaan memprioritaskan pencari kerja yang sudah memiliki AK1, karena sudah tersaring. Rata-rata pencari kerja itu lulusan SMA/SMK sekitar 30 persen,” ujarnya.

Idris menambahkan, dari hasil Job fair sebelumnya sudah dirasakan cukup efektif dan signifikan. Dari 6.000 pencari kerja, sekitar 50 persen sudah diterima kerja melalui Job fair. Selain itu juga, pihaknya terus mendata perusahaan-perusahaan baru di kota Depok agar bisa menyerap tenaga kerja lokal.

“Bakhan pihak kami terus  berupaya akan mengikat perusahaan untuk para pekerja, dengan regulasi 80 persen tenaga kerja teknis adalah warga Depok,” ucap orang nomor satu di Kota Depok itu.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *