Danrem Buka TMMD Ampah “Barito Timur”

Reporter : Devi Lahendra

Teks foto : Pembukaan TMMD Ampah, Diawali Dengan Pengecekan Pasukan. / Foto : dok. Penerangan Korem
Teks foto : Pembukaan TMMD Ampah, Diawali Dengan Pengecekan Pasukan. / Foto : dok. Penerangan Korem

BARITO TIMUR ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 Tahun 2015, yang bertempat di Kecamatan Dusun Tengah Ampah, Desa Rodok, Kabupaten Kotawaringin Timur. Bertindak sebagai inspektur upacara Danrem 102/Pjg Letkol Arh Purwo Sudaryanto  dan sebagai Komandan upacara Perwira Penghubung (Pabung).

Hadir pada acara tersebut Bupati Barito Timur  Ampera A.Y. Mebas, Kapolres Bartim, Kajati, Kajari, Camat Dusun Tengah, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Kasad yang dibacakan

Pembukaan TMMD Ampah,./ / Foto : dok. Penerangan Korem
Pembukaan TMMD Ampah,./ / Foto : dok. Penerangan Korem

oleh Danrem102/Pjg Letkol Arh Purwo Sudaryanto  mengatakan program TMMD ke-95 ini, TNI AD bekerjasama dengan Kemensos RI dan Pemerintah Daerah diseluruh tanah air untuk melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan non fisik.

“Untuk sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan tentang perlindungan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan memalui program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) serta ceramah wawasan kebangsaan, “ papar Purwo dalam sambutan Kasad.

Sedangkan sasaran  fisik, lanjut Purwo mengatakan, yang dilakukan tetap diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah dalam rangka memberdayakan masyarakat pedesaan.

Menurutnya pelaksanaan TMMD harus benar-benar terarah melalui pola pendekatan yang selaras dengan upaya pemerintah khususnya dalam mengembangkan pembangunan. TMMD itu sendiri seharusnya dapat menginvetarisasi keperluan dan kepentingan masyarakat, sehingga proses pembangunan dapat lebih kongkrit.

“Untuk itu TNI dapat menyelaraskan program dan dapat bekerja lebih optimal bersama masyarakat, dengan waktu lebih kurang dua puluh satu hari serentak dilakukan seluruh Indonesia, “ katanya.

Lebih jauh dikatakannya, dimana Kabupaten Kota Waringin Timur merupakan salah satu wilayah sasaran yang sama dengan kabupaten/kota se-Indonesia yang menjadi daerah sasaran pada TMMD tahun 2015.

“Selaras dalam tema tahun ini kita angkat dengan semangat kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah, Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita laksanakan percepatan pembangunan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dipedesaan, ” tukasnya./

Penerangan Korem 102/Pjg Son Son Santosa Mayor Chb

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *