Danrem 102/Pjg Tanam Padi Perdana Di Areal Cetak Sawah

POSTKOTAPONTIANAK.COM–PALANGKA RAYA !  Sebagai wujud kepedulian TNI dalam hal ketahanan pangan khususnya di wilayah Kalteng, pada Selasa (12/04) Danrem 102/pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto bersama Pj. Gubernur Kalteng Hadi Prabowo, peninjau dari Mabesad Kolonel Inf Sudrajat, Kadistannak Prov Ir. Tute Lelo, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Anri Andriana dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, S. Sos melakukan penanaman padi perdana di areal cetak sawah di desa Pantik Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah wilayah Korem 102/Pjg.

Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya TNI dalam mendukung program nasional ketahanan pangan dalam rangka swasembada pangan. Lebih lanjut Danrem menambahkan bahwa di Kab. Pulang Pisau ini merupakan daerah yang pertama kali untuk penanaman padi perdana di areal cetak sawah wilayah Kalteng. Danrem menghimbau agar nantinya sawah yang dicetak ini tidak ada yang dialihfungsikan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pulang Pisau  Pisau Edy Pratowo, S. Sos menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua tamu undangan yang hadir di tempat tersebut. Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Pulang Pisau bertekad menjadi lumbung padi yaitu dengan cara mendukung program cetak sawah yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat. Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Provinsi Kalteng Ir. Tute Lelo menyampaikan bahwa di Kalteng untuk program cetak sawah yaitu seluas 17.300 Ha, sedangkan Kab. Pulang Pisau mendapat jatah 4.325 Ha.

Sementara itu Pj. Gubernur Kalteng mengharapkan kepada petani agar semakin giat dalam hal pertanian, sehingga nantinya hasil dari pertanian dapat memberi kesejahteraan petani yang ada di Kab. Pulang Pisau. Acara diakhiri dengan pemberian bantuan secara simbolis dari Dinas Pertanian Prov Kalteng berupa 2 Unit Handtractor, 4 unit alat tanam dan 2 unit alat semprot yang diserahkan secara langsung oleh Pj. Gubernur Kalteng kepada kelompok tani desa Pantik. Usai pemberian bantuan acara dilanjutkan dengan penanaman padi perdana secara serentak. Adapun padi yang ditanam yaitu jenis padi serang dengan areal tanam untuk sementara yaitu 200 Ha yang ada di areal cetak sawah tersebut./SS/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *