Danrem 102/Pjg; Jangan Sampai Lahan Sawah Beralih Fungsi

Danrem 102/Pjg melakukan penanaman padi perdana di Kelurahan Pendahara Kecamatan Sangala Garing, Kabupaten Katingan./ dok. Pendam XII/Tpr
Danrem 102/Pjg melakukan penanaman padi perdana di Kelurahan Pendahara Kecamatan Sangala Garing, Kabupaten Katingan./ dok. Pendam XII/Tpr

KANTINGAN – POSTKOTAPONTIANAK.COM !  Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan dan mengembangkan sistem ketahanan pangan yang kuat, dinamis dan sinergis, Korem 102/Pjg dan Kodim 1015/Spt serta pemerintah Kabupaten Katingan   bekerjasama dengan dinas Pertanian, Perikanan dan Pertenakan serta kelompok Tani (Poktan)  di Kelurahan Pendahara,  Kecamatan Sangala Garing, .Kabupaten Katingan  dengan penanaman Padi perdana di lahan milik  para petani yang masuk program cetak sawah  pada Sabtu  (23/7) lalu.

Kegiatan tanam perdana ini dihadiri dan diikuti langsung oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Purwo Sudaryanto, Ketua DPRD Katingan Ingnatius Mantir I. Nussa, Sekda Katingan Drs Nico Demus MM, Kabag Ops Polres Katingan Kompol Sumarsono seta pihak terkait lainnya.

Bahwa program cetak sawah di Kalimantan Tengah tahun ini mendapatkan alokasi yang cukup luas dibandingkan dengan provinsi lain yang mencapai 16.550 Hektare yang tersebar disejumlah kabupaten. Sampai saat ini dari jumlah luasan tersebut, yang sudah tercetak itu mencapai 14.500 hektare dikatakan Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto.

“Ini tentu sudah merupakan pencapaian yang cukup baik dan berkat kerjasama dengan semua pihak, apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah ini tidak lain dalam rangka ingin meningkatkan swasembada pangan dan kesejahteraaan masyarakat melalui program cetak sawah”, ujarnya.

Danrem 102/Pjg mengingatkan supaya masyarakat atau kelompok tani betul-betul mengelola lahan yang sudah dicetak tersebut untuk lahan pertanian khususnya padi, jangan sampai lahan tersebut beralih fungsi.

Dengan adanya program cetak sawah ini, mendapat respon yang positif dari para petani di Kab, Katingan, sebab para petani merasa terbantu dengan adanya program tersebut dikatakan salah satu warga yang tidak mau disebutkan nama saat acara tanam padi perdana./SS/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *