DANLANTAMAL XII PONTIANAK SUMPAH 18 PERWIRA PENYIDIK TINDAK PIDANA TERTENTU DILAUT

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Pontianak ) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi melaksanakan penyumpahan terhadap 18 Perwira Penyidik Tindak Pidana tertentu di laut tahun 2017 di Gedung serba guna Malahayati Lantamal XII Pontianak Jalan. Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak. Senin (21/08).

Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi dalam amanatnya menyampaikan bahwa penyumpahan terhadap Perwira Penyidik Tindak Pidana tertentu dilaut, di jajaran Lantamal XII Pontianak, mempunyai arti penting, karena selain untuk  memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku juga untuk memberikan kepastian hukum sebagai legalitas dalam melaksanakan tugas-tugas kekamlaan.

Selanjutnya, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardimeneruskan amanatnya bahwa kebutuhan Perwira penyidik yang sah secara hukum dengan tingkat profesionalisme yang tinggi, merupakan tuntutan dalam melaksanakan tugas penyidikan dan menindak setiap tindak kejahatan atau pelanggaran di wilayah laut, dalam rangka mengamankan kepentingan nasional, termasuk pengamanan atas pemanfaatan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup dilaut.

Lebih lanjut, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardimengatakan, dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi, menuntut TNI Angkatan Laut sebagai komponen penegak kedaulatan dan hukum di laut untuk dapat mengatasi segala bentuk pelanggaran dan kejahatan yang terjadi di laut, penanganan terhadap segala macam bentuk pelanggaran dan kejahatan akan berjalan dengan baik apabila para Perwira penyidik perkara tindak pidana tertentu di laut menguasai dan memahami dasar hukum dan cara-cara penyelesaiannya.

Perlu disadari, bahwa penegakan hukum di laut sangat berbeda dengan penegakan hukum di darat, karena di laut selain berlaku ketentuan hukum dan perundang-undangan nasional juga berlaku ketentuan hukum Internasional, untuk itulah legimitasi yang baru saja di laksanakan dapat di jadikan pengangan untuk melaksanakan tugas sehingga tidak ada lagi ke ragu-raguan dalam bertindak.

Kedelapan belas Perwira pertama yang diambil sumpah tersebut merupakan Perwira yang mengemban tugas dan fungsi kekamlaan baik itu yang menjabat sebagai Komandan Pos TNI AL (Danposal) maupun sebagai Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL) sehingga dengan demikian tidak terjadi keragu raguan dalam bertindak sebagai perwira penyidik tindak pidana tertentu dilaut.

Turut hadir pada acara penyumpahan terhadap 18 Perwira Penyidik Tindak Pidana tertentu dilaut tahun 2017, Wadan Lantamal XII Pontianak, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker, Perwira Lantamal XII Pontianak, Kepala Seksi TPUL Kajati Kalimantan Barat./*

Dispen Lantamal XII Pontianak.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *