DANLANTAMAL XII PONTIANAK HADIRI ACARA PENINJAUAN POSKO PENANGANAN DARURAT BENCANA DI BADAN PENANGGULANGAN DAN BENCANA DAERAH (BPBD) KALBAR

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Pontianak ) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menghadiri acara peninjauan posko penanganan darurat bencana di Badan Penanggulangan Bencana  Jalan Adi Sucipto No. 50, Pontianak, Kalimantan Barat. Selasa (08/08).

 Adapun amanat yang disampaikan Gubernur Kalimantan Barat pada acara peninjauan posko bencana tersebut bahwa dalam upaya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan berdasarkan perintah Presiden melaui inpres nomor 11 tahun 2015 antara lain perintah kepada para Kepala Daerah untuk menetapkan status siaga darurat, menetapkan status tanggap darurat, mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi masing-masing Kementrian, Lembaga, Dinas, badan agar optimal bekerja melaksanakan tugasnya, oleh karena itu Gubernur Kalimantan Barat membuat keputusan tentang penetapan status siaga darurat penanganan asap akibat kebakaran hutan, pembentukan komando siaga darurat, permohomonan water bombing, patroli udara dan dukungan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) untuk siaga darurat penangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat.

Sebanyak 174 desa dari 2031 desa di Kalimantan Barat yang berpotensi rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan yang umumnya merupakan lahan gambut, maka dalam kesempatan ini diharapkan kepada Kepala daerah untuk lebih mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam menghilangkan kebakaran hutan dan lahan, baik dilahan yang dikuasai masyarakat maupun lahan yang tidak bertuan.

Turut hadir dalam acara peninjauan posko penanganan darurat bencana tersebut, Danlanud Supadio , Kepala BNPBD, jajaran Forkompimda Provinsi Kalimantan Barat, Para Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat, Kepala SKPD Kalimantan Barat, Komandan/Wakil komandan satgas, dan para Kepala Bidang Satgas Karhutla Kalimantan Barat./*

Demikian berita Dispen Lantamal XII.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *