Dandim 1202/Singkawang Hadiri Rapat Percepatan Tanam Pada Cetak Sawah

SAMBAS ! POSTKOTAPONTIANAK.COM ~ Rapat Percepatan Tanam Cetak Sawah Kabupaten Sambas beberapa waktu lalu, dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Sambas Jl. Pembangunan Dusun Sukaramai, Desa Dalam Kaum. Percepatan tanam pada cetak sawah di 9 Kecamatan wilayah Kabupaten Sambas akan dilakukan mulai 19 hingga 24 September 2016 secara serentak pada 16 titik lokasi penanaman cetak sawah.

Komandan Kodim 1202/SingkawangLetkol Czi Darody Agus, S.E.   dalam sambutannya mengatakan bahwa Negara Indonesia merupakan negara agraris dan berswasembada beras, dengan adanya program pemerintah RI Presiden Joko Widodo yangmelibatkan TNI-AD dalam pengawasan serta bantuan mulai dari pembukaan lahan, pupuk, pengolahan lahan, mulai dari proses penanaman  sampai panen petani bisa meningkatkan hasil pertanian.

“Percepatan tanam pada bulan september 2016 diharapkan tidak melewati target tanam pada tahun ini, hasil panen tersebut juga merupakan bahan laporan ke presiden untuk tahun ini, dengan banyak bantuan alsintan dari pemerintah, pertanian dapat lebih menggiatkan petani dalam penanaman”, ujarnya.

Sementara itu, kepala kantor Distannak Sambas Ir.Musanif,menjelaskan alokasi percepatan tanam tahun 2016 di KabupatenSambas berjumlah 1150 Ha telah disiapkan pada awal rencana yang telah di anggarkan, diharapkan petani lewat Kementerian Pertanian atauDistannak Sambas dengan melibatkan TNI dalam pelaksanaan dan pengawasan, bisa mencapai target yang di harapkan.

“Yang sudah ditanami 139 Ha secara swadaya oleh poktan, bahkan ada yang sudah tanam  dan panen sebanyak 2 kali di Desa GapuraKab.Sambas. Kendala yang dihadapi,diharapkan akan segera bisa diatasi dan disepakati setelah rapat inidigelar karena  Kabupaten  Sambas merupakan area cetak sawah terbesar di wilayah Kalbar”, paparnya./Dd/Lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *