Dandim 1014/Pbn

TNI-Polri dan Instansi Terkait Apel bersama Antisipasi KARLAHUT

POSTKOTAPONTIANAK.COM-SUKAMARA !! Menanggapi kewaspadaan terhadap bencana alam asap yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di musim kemarau, Pemkab Sukamara melibatkan TNI, Polri dan segenap jajaran tim penanggulangan bencana menggelar apel siaga Karlahut bersama di lapangan Sepak Bola PT. Sungai Rangit Jln. Tjilik Riwut Desa Kartamulya Kec. Sukamara Kab. Sukamara Provinsi Kalteng, dipimpin Dandim 1014/Pbn Letkol Inf Wisnu Kurniawan S.Sos Kamis (07/04).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kab. Sukamara, Kadis Kab Sukamara, Kapolres Sukamara, Kapolres Kobar, dan unsur Toga, Todat, Tomas, Kab. Sukamara serta dihadir 235 peserta apel siaga yang terdiri dari ratusan personel gabungan berbagai instansi meliputi TNI, Polri, Pol PP, Dinas Kesehatan, Tagana, masyarakat peduli api dan karyawan PT. Sungai Rangit.

Dalam pelaksanaan apel siaga tersebut Dandim 1014/Pbn memberikan amanat kepada seluruh peserta apel siaga diantara bahwa akibat bencana kebakaran hutan dan lahan adalah salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Kab. Sukamara hampir Setiap tahunnya terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan terjadi perubahan kualitas udara yang berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan masyarakat Kab.Sukamara.

Kebakaran hutan yang cukup besar menimbulkan dampak yang sangat luas, disamping kerugian material, habitat alam bahkan kebun pertanian serta merusak ekosistem. oleh karena itu, mungkin tidak berlebihan bila dalam rangka pencemaran, pengendalian, dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Perlu dibentuk tim koordinasi terpadu lintas instansi di Kab. Sukamara.

Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan apel siaga bencana juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kesepakatan antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Bupati Kab.Sukamara, Dandim 1014/Pbn, Kapolres dan Toga, Todat, Tomas  Kab. Sukamara. Sebelum pelaksanaan kegiataan berakhir Dandim 1014/Pbn menyerahkan sertifikat pelatihan pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan kepada masyarakat peduli api di Kabupaten Sukamara./SS/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *