Dana Desa diwilayah Kabupaten Landak Sudah Berjalan Dengan Sangat Efektif

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Pontianak) – Terkait dengan adanya penambahan dana Desa di tahun yang akan datang Bupati Kabupaten Landak Karolina Margret Natasa mengatakan pihaknya saat ini masih merasa kesulitan, terutama pada Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jadi tidak ada pilihan lain, kita harus tingkatkan SDM nya, kita maksimalkan kinerja perangkat dan sistem Desa,” ujar dia usai memberikan kata sambutan di Gedung Badan Pemeriksaan Keuangan pada Rabu (12/7).

Dirinya menerangkan, pihaknya saat ini sudah memaksimalkan peran Camat untuk melakukan pembinaan, walaupun Camat tersebut hanya melakukan Verifikasi.

“Tapi Camat ini akan kita upayakan agar mereka juga bisa membantu kita, untuk mengingatkan para Kepala Desa Setempat mengenai batas waktu dan sebagainya, karena batas waktu adalah hal yang sangat penting,” terang dia.

Menurutnya, selama ini anggaran Dana Desa di wilayah Kabupaten Landak sudah berjalan dengan sangat efektif.

“Kalaupun tidak efektif, mungkin itu hanya oknum, satu atau dua orang. Tetapi masyarakat di desa sangat merasakan manfaat dari penggunaan dana desa tersebut,” ucap dia.

Dirinya menilai, hal yang patut di perbaiki kedepannya terkait pengguanaan anggaran dana desa, adalah Kapasitas aparatur desa yang harus segera ditingkatkan.

“Hanya saja kemampuan APBD kitakan sangat terbatas sekali, tapi kami akan terus berupaya dan mudah-mudahan peningkatan aparatur desa ini kedepannya juga menjadi.

perhatian Pemerintah pusat, sehingga Kepala Desa dapat ditambah wawasan dan keterampilannya,”

Dirinya berharap seluruh Kepala Desa kita bisa becermin dari Kepala Desa yang ada di daerah – daerah lain, agar bisa terpacu dan termotifasi untuk berinofatif di desanya masingt – masing.

”Jangan sampai kepala desa itu yang ada di otaknya, dana desa itu hanya untuk rambat Beton, dan hanya untuk membuat rambat beton. Padahal didalamnya bisa membuat badan usaha milik desa, bisa menggerakan ekonomi desa, dan bisa untuk meningkatkan produksi pertanian. Jadi masih banyak yang bisa dibuat, serta pemberdayaan masyarakatnya juga harus dikedepankan,” pungkasnya.

(Viky)

Foto Karolina Margret Natasa, Bupati Kabupaten Landak Bersama Dengan Kepala BPK Perwakilan Kalbar, Dra. Ida Sundari, M. M / Viky / POSTKOTAPONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *