Damkar Sweeping Rumah Karaoke

Rumah Karaoke Membangkang Izin Operasionalnya Dicabut

POSTKOTAPONTIANA.COM ! DEPOK-Kepala Dinas Pemadam Kebaran (Damkar) Kota Depok, Yayan Hariyanto membenarkan, bahwa pihaknya akan mensweeping instalasi listrik seluruh rumah karaoke yang beroperasi di Kota Depok. Pasalnya setelah terjadi kebakaran di pusat perbelanjaan

Kadis Damkar Kota Depok H Yayan Ariyanto./said
Kadis Damkar Kota Depok H Yayan Ariyanto./said

Margo City. Dimana sumber api berasal dari rumah bernyanyi NAV.

“Benar pihaknya segera melakukan sweeping seluruh rumah karaoke di Kota Depok. Jangan sampai pihak rumah karaoke memasang instalasi listrik secara sembarangan tanpa mempedulikan keselamatan konsumen,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (27/3/2015), dikantornya.

Dia mengingatkan kepda seluruh manajemen rumah bernyanyi atau karaoke telah memasang instalasi listrik dengan baik. Artinya, tidak ditemukan instalasi listrik yang terpasang secara tidak sempurna ataupun berpotensi menimbulkan kebakaran. Sebab, bila itu terjadi maka yang rugi bukan hanya pihak pengelola rumah karaoke saja, tapi masyarakat pun mengalami kerugian.

” Kami akan melakukan pemeriksaan secara detail. Kita minta semua manajemen melakukan perbaikan sebelum tim kita datang ke lapangan,” imbuh Yayan.

Yayan juga menambahkan, namun jika dalam sweeping ditemukan masih ada manajemen rumah karaoke yang tidak menerapkan pemasangan instalasi listrik secara benar maka akan diberi surat peringatan. Jika dalam pemeriksaan kedua rumah karaoke juga tidak mengindahkan surat pertama maka akan diberi surat teguran kedua.

” Seandainya masih membandel juga maka kita akan memberikan rekomendasi kepada dinas perizinan untuk mencabut izin operasional rumah karaoke tersebut,” ujarnya.

Yayan menegaskan, bahwa seluruh manajemen rumah karaoke tidak menganggap remeh percikan api yang keluar dari kabel listrik karena itu akan berdampak luas pada seluruh usaha yang berdekatan dengan rumah karaoke tersebut. Ia juga meminta para pemilik untuk memperhatikan penggunaan kabel secara profesional.

” Jangan sampai kita menemukan penggunaan listrik dengan tegangan tinggi hanya menggunakan kabel serabut. Itu sama sekali tidak benar, dan menyalahi aturan yang ada,” tandasnya. /Faldi/Sudrajat

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *