Dalam rangka Hari Pramuka Ke 55 Tahun 2016: Ziarah ke TMP Kalibata, Ka Kwarnas Ingatkan Pentingnya Jasa-Jasa Pahlawan

( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).

JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bersama dengan Kwartir Cabang Jakarta Timur mengadakan kegiatan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (7/8/2016). Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Pramuka yang ke 55 pada 14 Agustus. ‎

Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault, ‎mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka yang sudah melaksanakan tabur bunga ke makam taman pahlawan di seluruh Indonesia.

Ia menyatakan, setiap memperingati hari Pramuka, Kwarnas selalu memberikan intruksi kepada Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, dan Kwarting Rating di seluruh Indonesia untuk melakukan ziarah ke taman makam pahlawan.

“Kenapa? Karena rasa cinta kita kepada tanah air kita Indonesia, harus dikembangkan dalam tubuh anak muda khususnya pramuka,” ujar Kak Adhyaksa di TMP Kalibata.

Kak Adhyaksa menuturkan, ziarah ini juga sekaligus untuk mengingatkan kembali tentang jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. Sebab, pengorbanan para pahlawan telah mengantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan.

“Orang yang lahir ‎di dunia apabila tidak mau melihat masa lalu maka dia akan menjadi bayi seumur hidup. Artinya kita harus belajar dari sejarah. Pahlawan adalah bagian dari sejarah, pengorbanannya  harus kita patri ‎dalam jiwa dan raga,” terangnya. ‎

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini juga mewajibkan kepada seluruh anggota pramuka untuk selalu cinta tanah air. Menurutnya, tanah air Indonesia adalah kenikmatan terindah yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa. ‎
‎‎
“Kenikmatan terbesar yang tuhan berikan setelah keimanan adalah tanah air indonesia, dan itu harus kita pertahanankan,” tutupnya.

Diketahui, acara ziarah makam pahlawan dimulai dengan upacara pemberian hormat kepada arwah para pahlawan. Setelah itu, rombongan Kwarnas mengunjungi makam-makam pahlawan untuk menaburkan bungga dan memanjatkan doa.

Kak Adhyaksa Dault menyempatkan diri untuk mengunjungi Kak Sarbini  ‎Letjen TNI. (Purn). M. Sarbini mantan Ketua Kwarnas, ‎Hj. Roesiah Sardjono, SH mantan Anggota Mabinsa, ‎Jenderal TNI. Ahmad Yani, ‎Pahlawan Revolusi, Letnan Jenderal TNI. (Purn) S. Parman Pahlawan Revolusi, dan Hasri Ainun Habibie Ibu Negara Indonesia ke-3.

Usai tabur bungga, Kak Kwarnas diminta untuk mengisi buku tamu, ada kesan dan pesan ‎yang ia tulis di TMP Kalibata yakni “Semangat pengorbanan para pahlawan, akan selalu terparti dalam dalam dada anggota pramuka. Bagimu pahlawanku. Bagimu negeriku,” tulis Kak Adhyaksa.
‎‎
Selain, ke Kalibata kegiatan ziarah juga akan dilakukan di tempat-tempat lain seperti TPU Karet Bivak, Jeruk Peruk, dan Tanah Kusir. Para Annas nantinya akan dibagi untuk mengunjungi makam-makan tersebut bersama pengurus Kwarcab. ‎(HA/Humas Kwarnas)‎‎

( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).
( Dok. Foto : Haerudin / Humas Kwarnas ).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *