CV TP Rugikan Keuangan Daerah

MEMPAWAH ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Dua paket proyek yang bersumber dari APBD Mempawah Tahun 2015 dipercayakan kepada CV TP untuk mengerjakan. Total dana yang dialokasikan untuk kedua paket itu masing-

Salah satu temuan, Jalan rabat beton./ foto : doc. PKP
Salah satu temuan, Jalan rabat beton./ foto : doc. PKP

masing Rp 200 juta.

Namun sesuai kontrak dari pagu dana yang ada terealisasi masing-masing Rp 199 juta atau total penghematan Rp 1 juta lebih dari dua paket proyek tersebut.

Sumber dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kalbar kedua Paket proyek pembangunan jalan lingkungan berdasarkan audit terjadi kekurangan volume pada setiap paket proyek.

Dari data hasil Audit BPK itu, CV TP telah merugikan keuangan daerah sebesar Rp 39 juta. Rincian kelebihan pembayaran yang menyebabkan kerugian keuangan untuk paket Jl Pejuang Gg Sukamaju akibat kurang volume pada item pekerjaan rabat beton. Dalam kontrak volume rabat beton seharusnya 112.660 meter kubik tapi hanya dikerjakan 89.346 meter kubik.

Hal yang sama juga terjadi pada paket proyek jalan Dharma Putra. Kekurangan volume pekerjaan pada item pekerjaan rabat beton.

Akibat kurang volume ini menyebabkan hak publik untuk mendapatkan fasilitas jalan yang baik dan berkualitas menjadi berkurang.

Beberapa yang ditemui “PostkotaPontianak.com” juga menyesalkan tindakan kontraktor. “Kontraktor yang mengerjakan proyek ini harus diberi sanksi. Jangan dengan enaknya sendiri saja mengeruk keuntungan tapi rakyat jadi korbannya,” ujar warga yang tinggal di ruas jalan itu./SS/US-PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *