CV SA Sudah Dinyatakan Clear and Clear

( Ketua LSM Gemppar Kalbar, Ali Pratama./ vk/PKP )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Pontianak) – Terkait dengan pembabatan gunung yang dilakukan oleh CV Sukses Abadi (SA) yang beroperasi di Gujung Gadong Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya.

Ketua Lembaga Swadaya Masyatakat (LSM) Gabungaan Elemen Masyarakat Pesisir Provinsi Kalimantan Barat (Gemppar) M.Ali Pratama mengatakan bahwa legalitas secara yudiris CV SA telah memiliki izin usaha pertambangan operasi produksi dengan nomor 426/BUNHUTTAN/2013 tentang persetujuan peningkatan izin usaha pertambangan eksplorasi menjadi izin usaha pertambangan Operasi Produksi (OP) atas nama CV SA di wilayah Desa Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya.

“Status kawasan lokasi tersebut adalah merupakan kawasan Areal Pegunungan Lain (APL). Bukan yang termasuk dalam kawasan hutan sesuai berdasarkan Surat Keterangan (SK) Menteri dengan nomor 936 / MENHUT-11/2013 pada tanggal 20 Desember 2013,” ujar dia saat dijumpai pada Rabu (10/5) sore.

Dirinya memaparkan, proses pelaksanaan operasi produksi sebelum melakukan pelaksanaan kegiatan CV SA setelah melakukan kegiatan sosialisasi tentang melibatkan semua pihak yang terkait yaitu Muspika, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, DPD Dusun, RT, dan tokoh-tokoh masyarakat, beserta masyarakat Batu Ampar di Balai Desa Batu Ampar pada tanggal 27 Maret 2016.

“Proses perizinan Blesting melibatkan pihak kepolisian di antaranya Kapolres setempat, Kapolda Kalbar, dan Mabes Polri,”papar dia.

Dirinya menjelaskan, proses kegiatan Pada tahapan Blesting Perdana CV SA juga mengundang semua pihak-pihak Muspika terkait diantaranya adalah Camat Batu Ampar, Kapolsek, Danramil, Kades, Tokoh-Tokoh Masyarakat, beserta dengan masyarakat Desa Batu Ampar pada tanggal 8 April 2016.

” Semua proses perizinan yang dilakukan oleh CV SA adalah Legal dan telah melalui proses Clear & Clear (C&C) Kementrian MINERBA. Keberadaan CV SA adalah merupakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menciptakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagian Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya dan pendapatan pajak bagi negara. Kita semua perlu berpikir positif tentang investasi yang masuk ke daerah kita yang Legal,” jelas dia.

Dirinya menilai, Dana CSR untuk membantu pembangunan disuatu Desa untuk dapat dinikmati oleh masyarakat Batu Ampar akan dikeluarkan setelah perusahaan tersebut berproduksi dengan lancar dan perusahaan akan mengeluarkan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

(Viky)

Foto M.Ali Pratam Ketua Gemppar Provinsi Kalbar / UDS / POSTKOTAPONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *