Cegah Pungli di PDAM, Pelanggan Bisa Lapor Lewat Telpon 08115791000

Januar Pribadi,SE. /dok.PKP
Januar Pribadi,SE. /dok.PKP

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM– Kepala Kantor Pelayanan Wilayah I Timur Utara, PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, Januar Pribadi, SE mengatakan guna memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan maka dilakukan sosialisasi yang berkaitan dengan sambungan air bersih maupun pelayanan PDAM khususnya bagi warga kurang mampu melalui program sambungan air bersih masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sambungan air bersih MBR yang di biaya melalui dana talangan APBN yang diperuntukkan bagi kabupaten/kota yang dinilai layak dalam pengelolaan air bersih, pasalnya sambungan air bersih melalui program MBR secara bergilir dilaksanakan setiap tahun dalam cakupan sambungan hingga mencapai 2000 sambungan baru.

“Jadi untuk kegiatan sosialisasi tentang pelayanan air bersih PDAM Tirta Khatulistiwa yang kita laksanakan di wilayah Pontianak Timur dan Pontianak Utara bersama dengan anggota DPRD Kota Pontianak, kita mendapatkan beberapa catatan dari pengaduan warga dan peserta calon pelanggan MBR dalam kaitan pemasangan sambungan rumah instalasi persil air bersih, ” kata Januar, pada postkotapontianak.com, saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (21/10/16).

Dalam sosialisasi, lanjut Januar mengatakan ada beberapa pengaduan yang disampaikan langsung masyarakat  tidak hanya sebatas pada pelayanan PDAM, namun tidak sedikit pula pelanggan justru lebih mengeluhkan terjadinya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh pihak tertentu dengan mengatasnamakan PDAM.

“Cukup banyak pengaduan mengarah ke oknum tukang instalatir yang menawarkan sambungan taffing pipa diposisi samping maupun bawah dengan meminta biaya tambahan, jika mengarah pada aturan yang telah ditentukan maka taffing dipasang pada posisi atas pipa tersier. Selain terjadinya permainan oknum pada saat pemasangan taffing,  pungutan terhadap pelanggan juga terjadi pada saat pemasangan pipa persil yang dikenakan kepada pelanggan dengan hitungan permeter. Semua itu tidak dibenarkan melakukan penguatan biaya tambahan lagi, karena sudah menjadi ketentuan hasil survey sesuai situasi dan kondisi lapangan tidak adanya biaya tambahan pemasangan apapun, ” tegasnya.

Lebih jauh Januar berharap agar pelanggan PDAM tidak memberikan celah untuk oknum yang melakukan pungutan liar baik pada saat pemasangan sambungan baru maupun pada saat ingin mengajukan permohonan untuk menjadi pelanggan baru PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, karena semua pembiayaan sambungan air bersih sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan tanpa ada biaya tambahan.

“Khusus untuk calon pelanggan jika menemukan atau mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dari oknum tertentu atau adanya pungutan diluar dari ketentuan PDAM, pelanggan bisa mendatangi langsung kantor PDAM atau melalui telepon dan sms ke nomor telpon 08115791000, ” tukasnya.*/(dev)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *