Bupati Sintang Panen Padi Di Musim Kemarau

Tuesday, 25 August 2015 14:27

POST KOTA PONTIANAK ! SINTANG-Dalam upaya menyukseskan upaya swasembada pangan dan mensejahtrakan rakyat pemerintah kabupaten sintang terus mendorong agar masyarakat menanam PAJALE (padi, jagung dan kedelai). Demikian diungkapkan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat melakukan panen padi pada Selasa, 11 Agustus 2015 di Desa Kebong Kelam Permai.

“pemerintah Kabupaten Sintang akan memberikan fasiltias penunjang sesuai dengan  kemampuan keuangan yang ada. Lahan pertanian yang ada saya harapkan mampu menghasilkan padi yang produktif. Dan meskipun terkendala musim kemarau dan datangnya hama walang sangit, saya minta petani jangan sampai putus asa” pinta Bupati Sintang.

Bupati Sintang juga menghimbau kepada para petani untuk  terus membangkitkan semangat gotongg royong, karena kebersamaan khususnya jika diterapkan pada bidang pertanian dampaknya sangat baik. Saya juga minta supaya PAJALE ini terus dilakukan menyeluruh di Kabupaten Sintang termasuk ecamatan Kelam Permai supaya bisa  menjadi lumbung pangan terbesar di kabupaten Sintang serta terus meningkatkan kualitas pertanian, membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Untuk sarana dan Prasarana, petani untuk mohon sabar dulu, karena keterbatasan anggaran yang ada, tetapi jangan berkecil hati karena secara teknis akan diberikan secara bertahap khusus alat-alat pertanian. Saya juga berharap agar para petani dan kelompok wanita tani, untuk terus berjuang dengan menjaga kekompakan, serta adanya proaktif dari penyuluh harus tetap dijaga” pesan Bupati Sintang.

Sementara Kepala Desa Kebong Duman mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Sintang beserta rombongan dan bersyukur bisa melaksanakan program tanam padi khususnya pada kelompok tani cahaya harapan.

“semoga kelompok tani Cahaya Harapan setiap tahunnya bisa menjadi contoh teladan bagi kelompok tani lainnya. Dan kami juga sudah mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. Hanya kendalanya pada musim kemarau ini tanah menjadi kering, kekurangan air, dan terdapat hama walang sangit yang mengganggu proses terjadi nya padi. Kelompok tani Cahaya Harapan sudah menerima bantuan alat mesin panen padi bantuan dari Pemkab Sintang” jelas Duman.

Dalam pelaksanaan panen raya ini dihadiri oleh Bupati Sintang dan istri, ketua DPRD Sintang, kepala BPS, Kepala BP4KP, Kepala Dinas pertanian, Kasdim 1205 Sintang, Dishutbun, Camat kelam permai, BP3K kelam, dan masyarakat Kebong.

Hasil panen tersebut setelah dihitung dalam satu hektar sawah diperoleh rata-rata padi yang dipanen untuk varietas Inpago 7 diperoleh hasil 4,27 ton/ hektar, varietas Hipari sidemuk diperoleh hasil 6,4 ton/hektar dan varietas Ciherang diperoleh 6,2 ton/hektar.  (rilis Dicky Darmawan).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *