Bupati Sintang Launching Pendataan Keluarga Tahun 2015

Friday, 01 May 2015 13:52

SINTANG-Meskipun tanggal 1 Mei 2015 merupakan hari libur, bertempat di Rumah Dinasnya Jalan Merdeka Nomor 1, Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si didampingi Ny. Katty Evelina menerima Kepala Badan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Ahmad Darmanata, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Syarif Muhammad Taufik beserta romobongan dalam rangka launching kegiatan pendataan keluarga tahun 2015.

“Meskipun pendataan keluarga saya dilaksanakan pada hari libur tidak ada masalah. Karena sekaligus launching dimulainya proses pendataan keluarga yang akan berlangsung sampai 31 Mei 2015” jelas Bupati Sintang ketika menerima tim pendata.

“Pendataan keluarga ini dalam rangka memperoleh data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan untuk bisa menyusun kebijakan tingkat kabupaten sampai nasional. Data yang valid diperlukan supya program yang disusun bisa tepat sasaran. Harapan saya seluruh tim bisa bekerja dengan baik dan cepat sampai ke desa dan dusun. Ini merupakan komitmen kita untuk memperbaiki data kependudukan di Kabupaten Sintang” jelas Bupati Sintang.

“Saya menghimbau supaya seluruh masyarakat mendukung dan mensukseskan pendataan keluarga tahun 2015 dengan cara memberikan data dan informasi kepada petugas sehingga data dan informasi tersebut valid dalam rangka menyusun kebijakan di masa yang akan datang. Pastikan keluarga anda didata oleh petugas” tambah Bupati Sintang.

“Saya mengajak semua keluarga untuk pro aktif memberikan data keluarga kepada petugas. Saya juga mengapresiasi kepada petugas karena sudah memulai pendataan keluarga ini. Karena memang terkait erat dengan program keluarga berencana supaya laju pertumbuhan penduduk bisa kita tekan. Waktu kita hanya 31 hari, maka saya menghimbau agar seluruh keluarga di Kabupaten Sintang memberikan data yang benar. Karena dengan data ini akan kita ketahui jumlah KK yang ada, jumlah penduduk, jumlah pasangan usia subur, tingkat ekonomi dan sebagainya” ajak Bupati Sintang.

Sahara yang merupakan petugas yang mendata keluarga Milton Crosby terlihat membawa formulir. Pantauan media ini beberapa data yang dicatat adalah usia saat menikah, umur saat ini, alat kontrasepsi yang pernah digunakan, jumlah anak dan umur anak, bahan-bahan rumah, bahan bakar yang digunakan untuk memasak, sumber air di rumah,

Usai pendataan, kepala keluarga harus menandatangani formulir yang sudah di isi.

Kepala Badan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Ahmad Darmanata menjelaskan bahwa sasaran yang akan didata berdasarkan data disdukkcapil Oktober 2014 jumlah kk 112. 813 KK dengan jumlah jiwa 398. 285 jiwa

“Kita akan mendata keluarga di 14 kecamatan dengan jumlah petugas 2. 105 petugas. Tujuan khusus pendataan keluarga tahun 2015 adalah supaya tersedia basis data kependudukan, Keluarga Berencana, pembangunan keluarga, dan individu disetiap tingkatan wilayah” jelas Ahmad Darmanata.

“program pendataan keluarga ini dilakukan setiap lima tahun sekali. Data keluarga meliputi by name by addres, untuk digunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta berbagai program lainnya” tambahnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *