Bupati Sintang, Ajak Masyarakat Jaga Kawasan Tebelian Airport

SINTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Pengembangan sistem transportasi udara sebagai salah satu moda transportasi memiliki

Bupati Sintang Milton Crosby./hms
Bupati Sintang Milton Crosby./hms

peranan penting dimasa yang akan datang. Pembangunan Bandar Udara Tebelian akan menjadi gerbang udara bagi kawasan timur Kalbar sehingga dapat berdampak positif bagi pengembangan kota potensial  bagi Sintang, Nanga Pinoh, Putusibau dan Sekadau.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat membuka sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 2014 tentang pengendalian kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) Bandar Udara Tebelian Sintang di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Tebelian pada Kamis, 4 Desember 2014.

“seiring dengan pentingnya keberadaan bandara ini, pengaturan penyediaan tanah, ruang udara dan lingkungan bebas penghalang guna menjamin keselamatan operasi penerbangan dan keselamatan masyarakat sekitarnya juga sangat penting untuk diatur sedemikian rupa, sehingga perlu ditetapkan batas-batas keselamatan operasi penerbangan bandar udara” jelas Bupati Sintang.

Bupati Sintang menambahkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 pasal 29 ayat 1 untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, pemerintah daerah wajib mengendalikan daerah lingkungan kepentingan bandara dengan membuat peraturan daerah. “sehingga Pemda bersama DPRD Sintang sudah mengesahkan Perda Nomor 06 Tahun 2014 tentang Pengendalian Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

“saya berharap ada partisipasi dari masyarakat yang berada di sekitar bandara terutama pada kawasan keselamatan operasi bandara, agar bisa menjaga supaya terbebas dari halangan yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan” harap Bupati Sintang.

“saya minta seluruh camat, kepala desa, lurah yang masuk dalam kawasan keselamatan operasi penerbangan, agar dapat memberikan pengarahan kepada masyarakat supaya betul-betul memahami, mematuhi dan melaksanakan aturan yang terkait dengan keselamatan penerbangan” harap Bupati Sintang.

Sementara Camat Sungai Tebelian Bernard Saragih menjelaskan bahwa kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP) memiliki radius 15 KM dan terbagi kedalam beberapa zona ambang batas ketinggian tertentu berdasarkan kelas bandara tersebut.

“setiap benda baik yang alami maupun buatan tidak boleh melebihi batas ketinggian yang ditentukan. Saya mengajak seluruh masyarakat yang ada dikawasan bandara agar bersama-sama menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan dan masyarakat sekitar. Kita harus tertib supaya tidak mengganggu aktivitas bandara” ajak Bernard Saragih. (Humas Pemda Sintang)

Thursday, 04 December 2014 12:04

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *