Bupati Rupinus Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum

(Foto : dok Humas Pemkab Sekadau)
(Foto : dok Humas Pemkab Sekadau)

SEKADAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM ~ Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis penyusunan produk hukum daerah bagi pns di lingkungan pemerintah kabupaten sekadau di hotel kini pontianak, selasa malam 8 November 2016 sekitar pukul 19.30 wib.

Hadir dalam acara pembukaan bimtek tersebut narasumber dari biro hukum sekretariat daerah pemerintah provinsi kalimantan barat dan skpd di lingkungan pemerintah kabupaten sekadau.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau Subhan, S.IP M.Si selaku panitia penyelenggara kegiatan mengatakan maksud dilaksanakannya kegiatan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah daerah di lingkungan pemkab sekadau tentang metode yang pasti, baku dan standar dalam pembentukan produk hukum daerah kabupaten sekadau.

Selain itu lanjut subhan tujuan bimtek ini juga adalah untuk mengantisipasi jika terjadinya permasalahan hukum yang kemungkinan timbul di daerah terhadap produk hukum yang dikeluarkan dan mempunyai kekuatan hukum.

Perserta yang ikut kata Subhan berasal dari masing-masing skpd di lingkungan pemkab sekadau, mulai dari camat, sekretaris dinas badan, kasubag dan staf serta operator e-legal drafing.

Sementara itu Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan penyusunan produk hukum harus menjadi perhatian serius dari masing-masing skpd pasalnya setiap produk hukum yang dibuat akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Dalam penyusunan produk hukum itu nanti ada hal-hal yang harus diperhatikan misalnya aspek kewenangan dan aspek keadilan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku,” ujarnya.

Dikatakan bupati bimtek ini mempunyai arti penting dalam rangka menyamakan persepsi peningkatan kinerja dan koordinasi dalam penyusunan produk hukum daerah yang baik, benar dan berkualitas sesuai dengan undang-undang nomor 12 tahun 2011 dan permendagri nomor 80 tahun 2015. “Peserta harus banyak bertanya kepada narasumber terhadap hal-hal yang kurang jelas.

Demikian juga kepada narasumber berilah bimbingan kepada peserta secara baik dan jelas sehingga ada bekal ilmu pengetahuan yang mereka bawa pulang,” pinta bupati.

Usai memberikan sambutan bupati foto bersama dengan peserta bimtek dan narasumber./(Hartono-HPS)/Ms

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *