Bupati Kubu Raya : Hati-hati Dalam Mengelola Keuangan Desa

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! KUBU RAYA-Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan akan meningkatkan pengawasan terhadap Camat dan

Bupati Kubu Raya Rusman Ali./ foto : ian PKP
Bupati Kubu Raya Rusman Ali./ foto : ian PKP

Kepala Desa di Kabupaten Kubu Raya setelah proses pencairan dana alokasi desa.

Bupati Kubu Raya mengatakan,”untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan terhadap daa alokasi desa, Pemkab Kubu Raya akan terus melakukan pengawasan terhadap Pemerintah Desa dan Kecamatan,” ujar Rusman Ali saat membuka kegiatan tersebut.

Bupati juga menegaskan berbagai hal tentang pengelolaan dana desa ini, sudah jelas aturannya, maka mesti waspada terhadap penggunaannya. “ Jangan sampai ada temuan BPKP ( Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ), itu yang saya tidak inginkan,” tegas Rusman Ali.

Bupati mengingatkan seperti itu, karena melihat penggunaan dana alokasi desa itu sangat sensitive dan mudah berkaitan dengan hukum, jika pengelolaan keuangan yang tidak wajar, tidak hanya itu anggaran yang sudah diwacanakan itu, sudah siap dan tinggal menunggu pencairan.

“ Dana yang akan dialokasikan, sekitar 18 Milliar lebih untuk 118 desa maka dari itu, diingatkan kepada Kepala Desa da Camat, harus hati-hati, jangan sampai terjebak dalam ranah hukum, bila hal ini sudah terjadi, sangat sulit sekali untuk mengatasinya,” kata Rusman Ali.

Dikatakan Bupati juga akan memberikan reword desa terbaik dalam pengelolaan keuangan desa,” juara pertama akan saya berangkatkan Umroh,” ucap Rusman Ali.

Bupati menambahkan, dalam pengelola keuangan itu, pemkab Kubu Raya terus melakukan pemantauan dan pengawasan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena Rusman Ali menambahkan, Pemkab tidak melihat terjadi kelalaian dari masing-masing Kepala Desa dalam pengelolaan keuangan.

“Apabila nantinya ada temuan, maka merekalah yang akan menanggung semuanya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kami minta Pemdes, supaya transparan dan tidak ada permainan,” pungkas Rusman Ali.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Kubu Raya kegiatan Fasilitas dan Pendamping Penyusunan Keuangan Desa di aula Kantor Bupati Kubu Raya pada hari Senin 23 Maret 2015. /iean/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *