Bupati Dan Uskup Sintang Resmikan Kapel Di Seminari Menyurai

SINTANG-Keberadaan kapel seminari ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari sisi agama.  Saya terkagum-kagum ketika melihat kondisi kapel ini yang begitu sangat megah dengan arsitektur yang bagus, dengan tidak mengurangi unsur budaya dan sisi religiusnya. Saya bangga terhadap pembangunan kapel ini, karena kapel ini dibangun oleh arsitektur putra daerah dan menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada umat katolik khusunya keuskupan Sintang yang telah membagun kapel Seminari St Yohanes Maria Vianney. Hal tersebut disampaikan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat meresmikan Kapel Seminari St. Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang di Teluk Menyurai Kelurahan Tanjungpuri Kecamatan Sintang pada Selasa 4 Agustus 2015.

“Kapel ini merupakan salah satu wadah untuk mendidik dan membentuk bibit-bibit baru pemimpin umat termasuk pemimpin masyarakat. Dengan dibangunya kapel ini  sangat mendukung pemerintah dalam membangun kualitas SDM. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Agung Mgr. Agustinus Agus, Pr yang telah mendukung dan bermitra dengan pemerintah dalam mewujudkan pembagunan kapel hingga pada hari ini bertepatan dengan ulang tahun Santo pelindung seminari, Kapel ini dapat diberkat dan diresmikan” jelas Bupati Sintang.

Bupati Sintang berharap dengan adanya kapel ini, para  seminaris di sini dapat lebih kuat, lebih giat dan lebih cerdas sehingga mereka dapat tampil lebih baik dalam melaksanakan tugasnya sekarang dan  kedepan. Ditengah pembangunan yang sangat pesat, pembangunan dibidang rohani tidak boleh diabaikan. Pemerintah sangat mendukung pembangunan dibidang rohani.

“kapel ini juga digharapkan memberikan semangat kepada umat katolik di sekitar seminaris untuk memperdalam iman sehingga semakin hari imannya semakin baik. Tentu itu akan menjadi moral kita untuk melangkah maju membagun Sintang lebih baik kedepan dan secara khusus membangun umat katolik keuskupan sintang dan sekitarnya” tambah Bupati Sintang.

Bupati Sintang menambahkan dengan adanya kapel ini diharapkan semakin  memantapkan iman taqwa kita kepada Tuhan, dan juga mencari bibit kader-kader pastor atau pemuka agama, khususnya umat beragama Katolik. Dan persoalan keagamaan harus tetap ditingkatkan, jangan ada lagi yang bermalas-malasan.

Sementara itu Uskup Agusng Mgr. Agustinus Agus Pr, Administrator Apostolik ke Uskupan Sintang mengatakan Kapel  Seminari St Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang ini merupakan sarana yang sangat sentral utnuk membina keimanan para Seminaris

“Sarana untuk membangun bidang intelektual, sekolah dan lain sebagainya seperti asrama dan tempat tidur sudah lengkap tetapi bila tidak diimbangi dengan sarana yang lebih mengarahkan para seminaris pada peningkatan hidup keagamaannya maka semua akan rapuh. Dengan adanya kapel ini saya berharap tidak ada alasan lagi bagi para seminaris disini utnuk mengeluhkan sarana untuk berdoa kepada Tuhan” jelasnya

 “pembangunan kapel ini menggunakan dana Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Sintang, dan sumbangan dari 34 paroki yang ada di wilayah Keuskupan Sintang. Bangunan kapel ini terdiri dari rangka baja, lantai keramik, dan berarsitektur bahan kayu belian yang terdapat di dalam bangunan kapel ini sendiri dan kapasitas yang bisa di tampung di dalam kapel sebesar 300 orang” Ungkap Agustinus Agus.

Agustinus Agusmenjelaskan bahwa peletakan batu pertama dilakukan pada 19 November 2011 yang dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat, dan disaksikan oleh Duta Besar Vatikan (Mgr. Antonio Guido Filipazzi) dan Uskup Sintang (Mgr. Agustinus Agus). Tetapi pembangunan Kapel ini dimulai sejak tahun 2013 dikarenakan ada sejumlah kendala dalam proses pembangunan..

Rektor Seminari St. Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang, Romo Frensius Suprijadi CM mengatakan terwujudnya kapel ini merupakan suatu kerinduan para seminaris. Dia mengatakan Kapel sebagai rumah doa yang menjadi inti hidup dari Iman.

“Keberadaan kapel ini sangat berarti, semoga Seminaris semakin mantap dalam menenempuh cita-cita bekerja dalam ladang anggur Tuhan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga diresmikan dan diberkati kapel Seminari St. Yohanes Maria Vianney ini.” Jelas Romo Frensius Suprijadi, CM.

Dalam peresmia tersebut, Bupati Sintang Milton Crosby, M.Si bersama Uskup Agung Mgr. Agustinus Agus, Pr Administrator Apostolik Keuskupan Sintang menandatangani prasasti peremian Kapel./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *