Bupati Buka Lomba Gelar Teknologi Pertanian

20 April 2015

Bumi Senentang, Kita harus terus menerus menggali potensi petugas penyuluh lapangan (PPL) untuk bisa menciptakan dan berinovasi teknologi tepat guna yang akan digunakan para petani serta memperkuat pemberdayaan petani-petani setiap desa dalam rangka meningkatkan produksi pangan kita terutama dalam mewujudkan ketahanan pangan di kabupaten Sintang. Komitmen tersebut disampaikan Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat membuka Lomba Gelar Teknologi Pertanian di Gedung PGRI pada Senin, 20 April 2015.

“Saya berharap dengan gelar teknologi ini, kita tingkatkan kreativitas penyuluh untuk menunjang upaya khusus padi, jangung, kedelai (UPSUS PAJALE) di Sintang  pada tahun 2015. Dengan adanya teknologi baru, maka harus ada peningkatan produksi dan produktifitas guna tercapainya kesejahteraan masyarakat” harap Bupati Sintang.

“melalui kegiatan ini, selain ada lomba, juga ada saling tukar informasi antar penyuluh dan  kepada seluruh petani tentang up-date teknologi di bidang pertanian. Mari kita bersama-sama memajukan desa dengan meningkatkan produksi pertanian, perikanan dan pelestarian hutan dengan menerapkan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kondisi wilayah. Permasalahan yang ada dalam upaya peningkatan produksi pertanian dalam arti luas bisa diminimalisir dengan penggunaan teknologi tepat guna dari semua aspek” ajak Bupati Sintang.

Bupati Sintang Drs. Milton Crosby,M.Si yang mengingatkan bahwa hal yang paling berbahaya adalah krisis pangan, sehingga krisis pangan di Kabupaten Sintang jangan sampai terjadi. Dan perlu ditemukannya tekonologi tepat guna untuk meningkatkan produktifitas pertanian kita. ketersediaan pangan tidak saja dalam bentuk padi, tetapi juga aneka umbi-umbian. Maka dari itu perlu kerja keras mencari teknologi tepat guna untuk diterapkan oleh para petani kita. Dan tentunya terus membangun sumber daya manusia para petani dengan memberikan penyuluhan yang tiada henti.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KKP) Kabupaten Sintang Ir. Veronika Ancili, M. Si menyampaikan bahwa pembangunan teknologi pertanian itu sangat dinamis dan terus menerus sehingga kita dituntut untuk meng-up date tekonologi terkini untuk kemudian disampaikan dan diteruskan kepada petani. “Kegiatan lomba ini salah satu upaya kita untuk menggali teknologi pertanian yang ada, tujuan akhirnya tentu kesejahteraan petani dan ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Sintang”terang Veronika Ancili.

“kami tidak hanya memberdayakan petani sampai panen tetapi sampai di tingkat pemasarannya. Mulai dari penanaman, pemeliharaan dan panen tapi juga pasca panen sampai ke pemasaran akan bekerjasaama dengan banyak pihak seperti Disperindagkop dan UKM. Ada kendala seperti sarana dan prasaarana. Misalkan sawah masih banyak irigasinya belum optimal dan akan terus diperbaiki, kemudian pupuk” jelas Veronika Ancili.

Lomba gelar teknologi pertanian ini diikuti oleh 13 peserta ditambah dengan 2 eksibisi kehutanan. Guna mendapatkan pemenang yang berkualitas, pihak BP4KKP Sintang mengundang tim juri dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Kalimantan Barat dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat (BPTP Kalbar). “karena yang juara 1 akan kita ikutkan dalam lomba di tingkat propinsi Kalbar” tegas Veronika Ancili.

Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) dan Hari Pangan Sedunia Tingkat Propinsi Kalimantan Barat yang dipusatkan di Kota Singkawang mulai 21-24 Mei 2014 yang lalu, Tim Kabupaten Sintang menang dalam 3 jenis perlombaan. Inovasi Tim Kabupaten Sintang dalam membuat  peralatan pertanian berupa alat untuk mabau atau penyiangan rumput, diganjar tim juri dengan juara 1. Begitu juga inovasi Tim Kabupaten Sintang dalam mengolah  biji durian menjadi  tepung biji durian dijadikan campuran aneka masakan kue mendapatkan juara 1. Desain interior dan eksterior stand yang menarik, membuat Stand  Kabupaten Sintang juga mendapatkan juara 1./ms

One thought on “Bupati Buka Lomba Gelar Teknologi Pertanian

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *