Bupati Ajak Lestarikan Budaya dan Adat Istiadat

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU. Bupati Sekadau membuka gawai dayak nyapat taun di Dusun Kunsit, Desa Nanga Biaban, Kecamatan Sekadau Hulu. Kedatangan orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini disambut antusias masyarakat setempat belum lama ini.

Antusias masyarakat itu, diapresiasi oleh Rupinus. Apalagi, kata dia, sambutan masyarakat itu sangat meriah dengan berbagai macam kegiatan dilakukan dalam gawai dayak nyapat taun.

“Tampak sekali semangat kekeluargaan yang ditunjukan oleh masyarakat. Semangat seperti ini harus tertanam dan jangan sampai luntur karena zaman,” ujarnya.

Semangat kekeluargaan yang ditunjukan masyarakat dengan gotong royong masih kental ditanam oleh masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Kunsit, Desa Nanga Biaban. Dilajutkannya, masyarakat juga masih memperthankan tradisi adat istiadat yang dilakukan secara turun menurun.

“Ini dibuktikan dengan tradisi yang diwariskan nenek moyang hingga kini masih dipertahankan seperti gawai yang dilaksanakan seperti saat ini. Saya yakin tradisi turun temurun lainnya masih dipertahankan oleh masyarakat,” kata dia.

Untuk itu, Rupinus mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya serta adat istiadat yang sudah diwariskan oleh para pendahulu. Meski saat ini, sudah berada dalam era modern tetapi tradisi yang positif dan menumbuhkan semangat kekeluargaan dan gotong royong masyarakat jangan sampai tergerus zaman.

“Ini adalah aset daerah Kabupaten Sekadau. Apalagi banyak sekali potensi yang bisa digali untuk kemajuan Sekadau ini,” pungkasnya./ Mus

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *